9 Nama Kuda Kesayangan Rasulullah dan Ciri Kuda Terbaik

Minggu, 21 November 2021 - 07:52 WIB
loading...
9 Nama Kuda Kesayangan Rasulullah dan Ciri Kuda Terbaik
Ustaz DR Miftah el-Banjary bersama kuda kesayangannya. Foto/Istimewa
A A A
Ustaz DR Miftah el-Banjary MA
Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an
Dai lulusan Mesir asal Kalimantan Selatan

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mempunyai kuda-kuda kesayangan dengan nama masing-masing. Beliau memiliki sejumlah kuda kesayangan yang digunakan baik untuk alat transportasi ataupun keperluan misi perang.

Dalam sebuah sabdanya, Rasulullah pernah menekankan pentingnya keberadaan kuda pada masa itu. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

خيرُ الخيلِ الأدهَمُ الأقرَحُ الأرثَمُ، ثمَّ الأقرَحُ المُحجَّلُ طَلقُ اليمينِ، فإن لم يَكُن أدهَمُ فكُمَيْتٌ علَى هذِهِ الشِّيَةِ

"Kuda terbaik adalah yang paling menderita, lecet, sakit, dan memiliki cedera. Jika kuda itu tidak bersikukuh, maka aku akan mati karenanya." (HR At-Tirmidzi, dari jalur Abu Qatadah)

Mengenai jumlah dan nama-nama kuda Rasulullah pun bervariasi. Pendapat para ulama di antaranya, Ahmad bin Ali Taqi al-Din al-Maqrizi melalui Kitabnya berjudul 'Imta al-Asma bi ma lil-Nabi min al-Ahwal wa al-Amwal wa al-Hafadah wa al-Mata, menjelaskan, di antara kuda-kuda Nabi yang lain yaitu bernama al-Bahjah, al-Thorf, al-Najib, al-Mandub, dan al-Karim.

Selain itu, Al-Maqrizi juga menyampaikan, bahwa jumlah kuda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi sallam adalah 23. Ini termasuk di antaranya kuda bernama Al-Ablaq, Dzul Iqal, Dzul Lammah, al-Murtajal, Al-Sarhan, Al-Ya'bub, al-Ya'sub, al-Syiha', dan al-Sajal.

Namun, ulama menyepakati tujuh nama kuda Rasulullah. Adapula yang menyatakan ada 9 nama kuda kesayangan Rasulullah. Berikut ini adalah sembilan nama kuda milik Nabi Muhammad:

1. Al-Murtajaz atau Asyhab
Diberi nama ini karena warna putihnya, sifatnya yang baik. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membelinya dari seorang Arab dari Bani Marra.

2. Al-Lahif
Dinamai demikian karena ekor panjangnya yang sampai menutupi tanah. Kuda ini menyerupai gunung dan merupakan hadiah dari Farwa Bin Amr Al-Jadhami dan ada yang menyebut pemberian dari Abu Al-Baraa.

3. Lizaz
Kuda ini hadiah dari pemilik suci Alexandria, yaitu Al-Muqauqis yang merupakan penguasa Koptik Mesir.

4. Al-Dzarib
Kuda ini adalah hadiah dari Farwa bin Amr Al-Jadhami, dan dinamai itu di antaranya karena kekokohan dan kekuatannya yang besar, dan Nabi menggunakannya dalam perang.

5. As-Sakaf
Dinamakan As-Sakaf karena tubuhnya yang gemuk, kuat dan kukunya yang keras. Ini kuda pertama yang dimiliki Rasulullah SAW, yang dibeli dari seorang badui dari Bani Fazarah. Nabi menunggang kuda ini dalam Perangan Uhud.

6. Subbah
Nabi Muhammad memberi nama ini karena warnanya yang pirang dan kuda ini dibeli Nabi dari seorang Arab dari Bani Juhaina dengan sepuluh unta. Kuda ini pernah diikutsertakan dalam pertandingan lalu keluar sebagai pemenang yang membuat Nabi sangat senang.

7. Al-Ward
Kuda dengan nama yang berarti mawar ini juga digunakan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam perang. Kuda ini hadiah dari Tamim a-Dari.Dinamai Al-Ward karena campuran dari warna merah dan pirang. Lalu kuda ini diberikan kepada sahabatnya Umar bin Khattab.

8. Al-Mallawah
Diberi nama demikian karena kudanya yang tampak lesu, haus dan tidak gemuk.

9. Al-Bahr
Kuda ini Rasul beli dari pedagang asal Yaman.

Demikian nama-nama kuda kesayangan Rasulullah. Kuda satu-satunya hewan kesayangan Nabi dalam konteks menegakkan jihad fi sabilillah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3096 seconds (0.1#10.140)