Menakjubkan! Begini Kisah Cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf

loading...
Menakjubkan! Begini Kisah Cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf
Kisah cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf dapat dijadikan iktibar karena di dalamnya banyak hikmah dan ujian. Foto ilustrasi/Ist
Ketika Zulaikha mengejar cinta Yusuf, Allah jauhkan Yusuf darinya. Ketika Zulaikha mengejar cintanya Allah, maka Allah datangkan Yusuf padanya.

Sebuah pelajaran yang indah kita petik dari kisah cinta Zulaikha kepada Nabiyullah nan rupawan Yusuf 'alaihissalam bin Ya'kub. Yusuf merupakan Nabi Allah yang berasal dari Bani Israel dan pernah diberi kedudukan mulia di Kerajaan Mesir.

Allah menceritakan kisah Nabi Yusuf dengan sempurna dalam satu surat Al-Qur'an (Surat Yusuf). Kisah cintanya dengan Zulaikha, perempuan terpandang di Kerajaan Mesir juga diceritakan dalam Kitab Badai'uz Zuhur karya Syekh Muhammad bin Ahmad bin Iyas.

Ketika Nabi Yusuf keluar dari penjara, beliau diangkat sebagai perdana menteri di Negeri Mesir. , Kehidupannya berbalik 180%. Awalnya menjadi budak sekarang menjadi orang terhormat. Dan Zulaikha yang awalnya adalah wanita terpandang, sekarang menjadi wanita tua yang buta lagi miskin, setelah kematian suaminya, yaitu Qithfir. Zulaikha menjadi buta karena seringnya menangis memikirkan Nabi Yusuf.

Imam as-Sadi mengatakan, tatkala terjadi paceklik di Negeri Mesir, Zulaikha datang kepada Nabi Yusuf bersama pelayannya yang menuntunnya. Sebab, Zulaikha telah buta tuli, fakir, dan kecantikannya telah memudar. Ketika Zulaikha menghadap Nabi Yusuf, Nabi Yusuf pun mengenalinya dan berkata: "Engkau Zulaikha?"

Lalu Zulaikha menjawab, "Iya."

Nabi Yusuf bertanya lagi: "Di mana keindahan dan kecantikanmu?"

Zulaikha menjawab: "Semua telah hilang dan tidak tersisa sedikitpun."

Nabi Yusuf bertanya lagi: "Sekarang bagaimana perasaan cintamu kepadaku?"

Zulaikha menjawab: "Tetap tidak berubah. Tamparan kebutaan dan kefakiran tidak terasa sakit oleh ku karena saking besarnya kerinduanku kepadamu."

Maka, Nabi Yusuf berkata kepada para pembantunya, "Bawalah pergi nenek ini ke rumahnya!"

Para pembantunya pun pergi membawa Zulaikha dan Nabi Yusuf berkata kepadanya: "Apa yang kau inginkan dariku?"

Tiba-tiba Malaikat Jibril datang dan berkata kepada Nabi Yusuf: "Hai Yusuf, sesungguhnya Allah telah menyuruhmu untuk menikahi Zulaikha."

Mendengar perintah itu, Nabi Yusuf berkata kepada Malaikat Jibril: "Bagaimana aku menikah dengannya, sementara dia seorang nenek-nenek yang buta?"

Lalu Malaikat Jibril berkata: "Sesungguhnya Allah akan mengembalikan penglihatannya dan kecantikannya."

Maka, pada saat itu Nabi Yusuf menikahinya dan Zulaikha masuk Islam di hadapannya. Allah mengembalikan lagi kecantikan dan penglihatan Zulaikha, dan ternyata dia lebih cantik daripada sebelumnya dan Nabi Yusuf mendapatkannya masih perawan.

Dari pernikahannya dengan Zulaikha, Nabi Yusuf dikaruniai dua anak, yaitu Afratsim dan Maisy. Demikian sekelumit kisah cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf yang sangat mengagumkan. Sungguh Allah Maha Pengasih dan memuliakan siapa yang dikehendaki-Nya.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Kisah Nabi Yusuf, Cerita Terindah dalam Al-Qur'an (2)

Referensi:
Kitab Badai'uz Zuhur karya Syekh Muhammad bin Ahmad bin Iyas Halaman 92.
(rhs)
cover top ayah
صِرَاطِ اللّٰهِ الَّذِىۡ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ اَلَاۤ اِلَى اللّٰهِ تَصِيۡرُ الۡاُمُوۡرُ
(Yaitu) jalan Allah yang milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, segala urusan kembali kepada Allah.

(QS. Asy-Syura:53)
cover bottom ayah
preload video