Wakaf Gotong Royong, Nahdliyyin Inggris Dirikan Masjid Indonesia di London

Selasa, 14 Desember 2021 - 21:34 WIB
loading...
Wakaf Gotong Royong, Nahdliyyin Inggris Dirikan Masjid Indonesia di London
Nahdliyyin Inggris Raya meluncurkan Wakaf Gotong Royong untuk mendirikan masjid Indonesia di London. Program ini merupakan kolaborasi dari beberapa lembaga. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Nahdliyyin Inggris Raya meluncurkan program Wakaf Gotong Royong untuk mendirikan masjid Indonesia di kota London, United Kingdom (UK). Program ini merupakan kolaborasi dari beberapa lembaga.

Baca juga: Muslimat NU Sedunia Gotong Royong Dirikan Masjid Indonesia di London

Lembaga itu di antaranya PCI Nahdlatul Ulama United Kingdom (PCINU UK), Muslimat NU UK, KBRI London, IIC London, NUCARE-Lazisnu, PPI UK, MES UK, Kitabisa, Masjid Istiqlal, Gusdurian Peduli, dan beberapa lembaga lainnya.
Wakaf Gotong Royong, Nahdliyyin Inggris Dirikan Masjid Indonesia di London

Ketua PCINU Inggris Raya, Shandy Adiguna mengungkapkan, ide pembangunan masjid ini sudah berlangsung lama.

"Sudah sekitar dua dekade lalu, almarhum Kiai Royandi Abbas dan beberapa kiai Nahdliyyin di Inggris menggagas pendirian masjid ini," kata Shandy, Selasa (14/12/2021).

"Namun menghadapi beberapa kendala. Saat ini, kami mengajak bersama-sama Nahdliyyin sedunia, dan warga muslim di manapun berada, untuk bersama-sama menyisihkan dana untuk Wakaf Gotong Royong ini," tambahnya.

Shandy menyampaikan, pihaknya mengajak banyak pihak untuk berkolaborasi bersama-sama mendirikan masjid Indonesia di London.

"Prinsipnya, kami ingin menghadirkan Islam yang rahmatan lil-alamin di London, Inggris. Kota London itu kan pusat peradaban, pemerintahan, ekonomi dan politik internasional di Eropa, jadi ini misi penting, perjuangan kita semua," tuturnya.

Sebelumnya, PCI Muslimat NU Inggris Raya juga sudah melakukan kampanye untuk wakaf pendirian masjid Indonesia di London. Yayah Indra, Ketua PCI Muslimat NU Inggris Raya, mengungkapkan, Muslimat sedunia siap bersama-sama bergerak untuk mensukseskan program ini.

"Alhamdulillah, beberapa waktu lalu kami menyelenggarakan agenda yang dihadiri Ketua Umum Muslimat Ibu Hj Khofifah Indar Parawansa, Duta Besar Indonesi di London, Dr Desra Percaya dan Dr KH Faqih Abdul Kodir," jelasnya.

"Kami juga mendapat dukungan dari jajaran PP Muslimat, serta teman-teman seperjuangan dari PW, PC dan PCI Muslimat dari berbagai negara. Insya Allah, program-program yang diinisiasi oleh keluarga besar muslimat akan mewarnai dakwah Islam di Inggris Raya," sambungnya.

Sekretaris PCI Nahdlatul Ulama Inggris Raya, Munawir Aziz menyampaikan, pendirian masjid Indonesia di Inggris ini merupakan jihad kemanusiaan dan jalan dakwah bagi Nahdliyyin di seluruh dunia.

"Kami mengajak warga Nahdliyyin di seluruh dunia, baik yang di Indonesia maupun yang di lintas negara. Kami juga terbuka kerjasama banyak pihak, yang intinya untuk bersama-sama menghadirkan Islam yang ramah di Inggris dan Eropa," terang Munawir.

Sebagai info, luas bangunan untuk masjid ini 368.5 m2, dengan harga bangunan Rp30 miliar. Sementara, dana yang sudah ada yakni 18 Miliar rupiah. Untuk itu, dana yang dibutuhkan yakni Rp12 M (sudah harus dilunasi pada Mei 2022).

Wakaf Gotong Royong, bisa disalurkan melalui Bank BNI, No rekening: 0863842139 (atas nama: PP LAZIS NU), dengan kode akhir 09, misalnya (Rp50.009/orang, atau 100.009/orang, beserta kerangan/ref transaksi: infak/sedekah/wakaf untuk pembangunan masjid di London. Konfirmasi ke Lazisnu NUCARE (+62822-2143-7487, Fadlan).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)