Doa yang Diajarkan Nabi Ketika Sahabat Sakit, Dibaca 7 Kali

loading...
Doa yang Diajarkan Nabi Ketika Sahabat Sakit, Dibaca 7 Kali
Ada banyak doa yang diajarkan Nabi agar sembuh dari sakit. Salah satunya yang masyhur adalah doa yang diriwayatkan Imam Muslim. Foto/dok SINDOnews
Dalam Hadis yang Sahih ditegaskan bahwa tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya. Selain ikhtiar berobat, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan doa agar sembuh dari sakit.

Doa ini termasuk bacaan Ruqyah sederhana. Bisa diamalkan oleh penderita yang sakit karena doanya tergolong pendek. Caranya, pegang bagian tubuh yang sakit lalu baca "Bismillah" 3 kali dan lanjutkan dengan membaca doa berikut sebanyak 7 kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ


A'uudzu bi 'izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir

Artinya: "Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan."

Berikut Dalilnya:

وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim, dari Utsman bin Abil 'Ash bahwa ia mengadu kepada Rasulullah perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah صلى الله عليه وسلم lalu mengatakan kepadanya: "Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali 'BISMILLAH', Lalu bacalah tujuh kali, 'A'UDZU BILLAHI WA QUDROTIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU'. (HR Muslim)

Imam An-Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa disunnahkan meletakkan tangan di bagian yang sakit lalu membaca doa sebagaimana yang disebutkan di atas. (Syarh Shahih Muslim)

Baca Juga: 5 Bacaan Doa untuk Orang Sakit
(rhs)
preload video