Tak hanya Harta, Inilah Ragam Bentuk Sedekahnya Kaum Muslimah

loading...
Tak hanya Harta, Inilah Ragam Bentuk Sedekahnya Kaum Muslimah
Meski tidak memiliki harta, ada beberapa pintu kebaikan untuk sedekah kaum wanita ini, misalnya dengan bertasbih, tahmid, atau sholat dhuha. Foto ilustrasi/ist
Dorongan bersedekah berlaku untuk semua muslim, terutama kaum wanita, bahkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memberi anjuran lebih terhadap kaum muslimah untuk sedekah dalam beberapa hadis yang disampaikan para sahabat. Meski tidak memiliki harta, ada beberapa pintu kebaikan untuk sedekah kaum wanita ini, misalnya dengan bertasbih, tahmid, sholat dhuha sampai tersenyum kepada suami pun adalah sedekah.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu. Ia berkata, bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ketika melaksanakan sholat pada hari Idul Fitri. Beliau tidak sholat sebelum dan sesudahnya. Kemudian (setelah menyampaikan khotbah kepada hadirin) beliau mendatangi tempat para wanita dan Bilal menyertai beliau. Beliau memerintah mereka untuk bersedekah. Mulailah mereka melemparkan perhiasan mereka (ke kain yang dibentangkan Bilal untuk menampung sedekah). Ada wanita yang melemparkan anting-anting dan kalungnya."

Baca juga: Cara Cerdas Bersedekah dalam Pandangan Imam al Ghazali

Asma bintu Abi Bakr radhiyallahu anha berkata, "Aku berkata: Wahai Rasulullah, aku tidak memiliki harta kecuali apa yang dimasukkan oleh az-Zubair untukku. Apakah boleh aku menyedekahkannya? Beliau bersabda, Bersedekahlah. Jangan engkau kumpul-kumpulkan hartamu dalam wadah dan enggan memberikan infak. (Jika engkau melakukannya,) niscaya Allah akan menyempitkan rezekimu." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sampai pun seorang perempuan tidak memiliki kelebihan kecuali sedikit harta atau makanan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tetap mendorongnya untuk bersedekah dan tidak menahannya, terutama kepada tetangganya.

Abu Hurairah radhiyallahu anhu menyampaikan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Wahai wanita-wanita muslimah! Janganlah seorang tetangga meremehkan untuk memberikan sedekah kepada tetangganya walaupun hanya sepotong kaki kambing." (HR.Bukhari dan Muslim)

Kebanyakan kaum wanita berstatus ibu rumah tangga dan banyak yang tidak memiliki penghasilan. Bagaimana cara mereka bila dianjurkan harus bersedekah? Boleh bersedekah dengan sesuatu yang ada di rumah suami. Aisyah radhiyallahu anha berkata, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Apabila seorang wanita menginfakkan makanan yang ada di rumahnya tanpa merusak, ia akan beroleh pahala infaknya. Demikian pula suaminya mendapatkan pahala dengan apa yang ia usahakan.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Abu Hurairah radhiyallahu anhu menyampaikan dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam,
halaman ke-1
cover top ayah
لِّـكَيۡلَا تَاۡسَوۡا عَلٰى مَا فَاتَكُمۡ وَلَا تَفۡرَحُوۡا بِمَاۤ اٰتٰٮكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرِۙ‏
Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang hilang darimu, dan jangan pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri. 

(QS. Al-Hadid:23)
cover bottom ayah
preload video