Surat Yusuf Ayat 34: Kekuatan Doa Sebagai Senjata Orang Beriman

loading...
Surat Yusuf Ayat 34: Kekuatan Doa Sebagai Senjata Orang Beriman
Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Muchlis Al-Mughni. Foto/SINDOnews
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Yayasan Pustaka Afaf,
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir

Setelahistri pembesar Mesir itu mengancam Nabi Yusuf 'alahissalam dengan hukuman dan penjara, Allah mengabulkan doa dan permintaan Nabi Yusuf. Inilah kekuatan doa yang menjadi senjata orang mukmin.

Allah Ta'ala menghindarkan Nabi Yusuf dari tipu daya mereka. Kisah ini diabadikan dalam Surat Yusuf berikut:

فَاسْتَجَابَ لَهٗ رَبُّهٗ فَصَرَفَ عَنْهُ كَيْدَهُنَّ ۗاِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Fastajaaba lahuu rabbuhuu fashorafa 'anhu kaidahunn. Iinnahuu Huswas Samii'ul 'Aliim.

Artinya: "Maka Tuhannya memperkenankan doa Yusuf, dan Dia menghindarkan Yusuf dari tipu daya mereka. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS Yusuf: 34)

Pesan dan Hikmah
1. Senjata orang beriman itu adalah doa. Tidak ada doa yang tidak diperkenankan oleh Allah semuanya pasti dikabulkan. Namun jangan memahami doa itu seperti lampu Aladin atau ajaib, yang sekali digosok lalu dikabulkan.

2. Jika kita jujur dan sungguh-sungguh atau serius berdoa maka Allah pasti jujur pula dan membenarkannya. Karenanya perhatikan adab dan syarat terkabulnya doa. Seperti khusyu'nya hati, memakan yang halal, kondisi suci, di tempat yang suci dan tidak pernah bosan apalagi mengeluh menanti pengabulan dengan sikap tergesa-gesa.

3. Doa itu adakalanya meminta kebaikan. Bisa pula memohon perlindungan dari keburukan dan kejahatan seperti yang diharapkan Yusuf dalam kasus ini. Maka berdoalah dengan memadukan dua hal itu. Di antara doa yang sering dipanjatkan Rasulullah yaitu doa sapu jagat, "memohon kebaikan dunia dan akhirat serta terlindungi dari neraka."

4. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Inlah sikap tauhid yang terlihat dalam sikap Yusuf yang selalu merasa dan yakin bahwa Allah mengetahui segala hal yang dialami dalam kehidupannya, juga Maha Mendengar setiap ucapan dan doa.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Surat Yusuf 33: Penjara Lebih Aku Sukai Daripada Memenuhi Ajakan Mereka
(rhs)
cover top ayah
اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

(QS. Al-Maidah Ayat 110)
cover bottom ayah
preload video