Hari Pertama Ramadhan, Meja Makan Jadi Hijau dan Putih di Palestina

Minggu, 03 April 2022 - 05:20 WIB
loading...
Hari Pertama Ramadhan, Meja Makan Jadi Hijau dan Putih di Palestina
Kuliner khas pada hari pertama Ramadhan di Palestina didominasi warna hijau dan putih.
A A A
JALUR GAZA - Muslim di seluruh dunia telah sibuk mempersiapkan awal bulan suci Ramadhan. Puasa selama siang hari dan tradisi terkait seputar makanan tak dapat dilepaskan dari bulan agung ini.

Di Palestina ada tradisi yang terkait buka puasa pertama bulan ini, yaitu menyajikan hidangan yang didominasi warna hijau atau putih.

Dalam istilah praktis, ini sering berarti resep yang menggunakan daun molokhia atau yogurt sebagai bahan utamanya.



Amal Al-Khalili, ibu rumah tangga dari Gaza, mengatakan pada hari pertama Ramadhan setiap tahun dia menyiapkan molokhia, semacam rebusan yang terbuat dari daun dengan nama yang sama.



Pada tahun-tahun ketika daun itu sedang tidak musim selama Ramadhan, sehingga tidak dapat dibeli segar, daun-daun itu dibeli jauh sebelum bulan puasa lalu diawetkan dan disimpan.



“Kami melihat bulan Ramadhan sebagai bulan yang serba hijau, penuh dengan kebaikan dan pahala, jadi saya memasak molokhia, yang saya pelajari dari ibu saya,” ungkap Amal Al-Khalili, dilansir Arab News.

“Kami melihat bulan Ramadhan sebagai bulan yang serba hijau, penuh dengan kebaikan dan pahala, jadi saya memasak molokhia, yang saya pelajari dari ibu saya,” ujar Al-Khalili.

Dia menjelaskan, “Sekarang anak perempuan saya yang sudah menikah juga memasak molokhia di hari pertama Ramadhan.”

Molokhia disiapkan dengan dua cara utama. Yang pertama, daunnya dicincang halus dan disajikan dengan daging dan bawang putih.

Yang kedua, daunnya tidak dipotong dan disajikan dengan daging. Metode yang terakhir ini sangat populer di Lebanon.

Nasi putih biasa disajikan secara tradisional dengan cara pertama, sedangkan cara kedua, ditambah bumbu dan nasinya berwarna kuning.

Di beberapa kota Palestina, khususnya di bagian utara Tepi Barat, tradisi di hari pertama Ramadhan adalah makanan yang berwarna putih, biasanya dengan yogurt sebagai salah satu bahan utamanya.

Hidangan populer termasuk mansaf, hidangan tradisional Arab yang terbuat dari daging domba yang dimasak dengan saus yoghurt kering yang difermentasi dan sering disajikan dengan nasi atau bulgur.

Atau, rebusan yang dibuat dengan yogurt dan akoub populer di Nablus dan kota-kota dekat Lembah Yordan.

Ramadhan tahun ini bertepatan dengan musim akoub, tanaman sejenis semak berduri yang dipanen dari dataran lembah.

Setelah dipotong dan dibersihkan, digoreng dan dimasak dalam yogurt dengan daging sapi atau ayam.

Um Samer, ibu rumah tangga dan ibu enam anak dari Jenin di Tepi Barat utara, mengatakan, “Kami membeli yogurt sebelum Ramadhan, karena permintaan yang meningkat di awal bulan karena mayoritas orang menggunakannya pada hari pertama, baik dalam mansaf atau makanan lainnya.”
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)