Kompetisi Film Pendek Islami, Kemenag Siapkan Hadiah Total Rp1 Miliar

Jum'at, 13 Mei 2022 - 16:09 WIB
loading...
Kompetisi Film Pendek Islami, Kemenag Siapkan Hadiah Total Rp1 Miliar
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama kembali mengajak para pekerja film dan masyarakat umum untuk mengikuti Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) tahun 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama kembali mengajak para pekerja film dan masyarakat umum untuk mengikuti Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) tahun 2022. Kompetisi film yang mengusung tema “Ku Syiar Islam dengan Caraku” ini memenangkan hadiah total senilai Rp1 miliar.

Kasubdit Seni, Budaya, dan Siaran Keagamaan Islam pada Direktorat Penerangan Agama Islam, Ditjen Bimas Islam, Kemenag RI, Sayid Alwi Fahmi mengatakan, KFPI merupakan upaya Kemenag dalam mengajak generasi milenial dalam mensyiarkan moderasi beragama melalui media digital.

"KFPI ini bentuk perhatian Kemenag kepada generasi milenial. Kemenag memberikan fasilitas dan apresiasi kepada generasi milenial untuk bersama membangun dan mewujudkan moderasi beragama melalui film," ungkapnya di Jakarta, Jumat (13/5/22).



Kompetisi film pendek yang merupakan agenda rutin Ditjen Bimas Islam ini banyak memacu para sineas pemula baik di tingkat nasional maupun daerah untuk menciptakan lebih banyak karya. Tahun lalu, ajang ini berhasil mengumpulkan 235 karya film animasi islami dari total 1.175 peserta dari 34 provinsi.

“Kita berharap kompetisi ini mampu melahirkan para profesional muda di bidang perfilman yang berperan dalam menguatkan kecintaan masyarakat kepada agama dan Tanah Air," harap Sayid.

Bertindak sebagai Ketua Dewan Juri pada KFPI tahun 2022 ini, Tokoh Perfilman Nasional, Christine Hakim menambahkan, KFPI ini merupakan ajang bagi masyarakat umum, baik di kota maupun di daerah untuk menunjukkan hasil karya mereka.



“Di era serbadigital ini proses membuat film pendek menjadi sangat mudah. Alat-alat produksi yang digunakan pun semakin terjangkau. Hasilnya, banyak sekali film-film bagus karya anak-anak muda Indonesia yang bisa kita tonton di kanal-kanal gratis seperti Youtube,” jelasnya.

Proses penjurian kompetisi ini terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama seleksi tingkat provinsi pada Juni hingga Juli 2022. Pemenang tiga besar di tiap provinsi berhak mengikuti kompetisi di tingkat nasional pada Agustus 2022.

“Melalui KFPI kami mengajak anak-anak muda dan para sineas pemula untuk menampilkan karya terbaiknya,” tambah Christine Hakim. Para peserta di tingkat provinsi bisa melakukan pendaftaran secara daring.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2860 seconds (0.1#10.140)