Rasulullah SAW Sangat Melarang Orang Tua Mengucap Sumpah Serapah pada Anak

loading...
Rasulullah SAW Sangat Melarang Orang Tua Mengucap Sumpah Serapah pada Anak
Semarah-marahnya orang tua pada anak, Rasulullah mengingatkan jangan sampai mengeluarkan kata-kata kasar apalagi menyematkan sumpah serapah. Foto ilustrasi/istimewa
Disadari atau tidak, masih banyak orang tua di masyarakat saat ini yang suka berkata kasar bahkan menyematkan sumpah serapah pada anak-anaknya . Padahal, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sangat mengecam dan melarang perilaku atau tindakan orang tua yang memarahi anak dengan kata-kata kasar, terlebih jika sampai melaknat dan menyumpahi anaknya.

Dalam sebuah hadis dari Jabit bin Abdullah al Anshari, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

“Janganlah kalian menyumpahi diri kalian sendiri, jangan pula menyumpahi anak-anak kalian, dan jangan menyumpahi harta-harta kalian. Agar (doa tersebut) tidak bertepatan dengan saat-saat di mana Allah memberikan dan mengabulkan doa dan permintaan kalian.” (HR. Muslim, Abu Dawud)

Baca juga: Adab Orang Tua Pada Anak, Lebih Banyak Memaafkan

Dari hadis di atas, Rasulullah dengan tegas melarang orang tua untuk menyematkan sumpah serapah dan laknat pada anaknya. Bagaimana tidak? Ucapan yang keluar dari mulut orang tua tersebut memberikan dampak yang buruk bagi anak, terlebih jika sampai sumpah serapah itu dikabulkan oleh Allah. Niscaya akan berakibat fatal pada anak.

Apa yang disampaikan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tersebut, banyak terbukti dari berbagai hasil penelitian masa kini, bahwa akan ada dampak fatal bila si anak sering dikata-katai kasar atau sumpah serapah orang tuanya.

Dikutip dari buku 'Dahsyatnya Hypno Parenting' karya Agus Sutiono, dijelaskan bahwa sejatinya otak manusia akan bereaksi terhadap apapun yang didengarnya, terutama jika perkataan itu ditujukan pada dirinya. Lebih jauh lagi, otak manusia akan langsung memberikan respons terhadap segala ucapan yang ia dengar, juga dengan cepat memberi reaksi dengan membentuk pola tindakan tertentu.

Untuk itu, si anak akan membentuk pola perilaku dari apa yang ia dengar dari orang tua, terlebih jika perkataan tersebut ditujukan secara khsusus terhadap dirinya. Anak-anak yang biasa dilecehkan dengan perkataan sumpah serapah atau dilaknat dengan kata-kata kasar, akan menjadi orang yang rendah diri dan introvert.

Dari hasil penelitian Lise Gliot misalnya. Dalam jurnal berjudul, 'Pengaruh Bahasa Ibu Pada Perilaku Anak (Kajian dari sudut pandang cara kerja pikiran)', dijelaskan bahwa suara keras dan bentakan yang keluar dari mulut orang tua, terkhusus ibu akan membuat anak idiot. Pasalnya, itu dapat merusak atau menggugurkan sel otak yang sedang tumbuh pada anak yang masih dalam pertumbuhan, terutama pada masa golden age.

Sehingga sangat terbukti apa yang disampaikan hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ini. Bahwa bahaya yang ditimbulkan perkataan kasar dan sumpah serapah pada anak, hakikatnya itu akan berakibat fatal pada anak kelak. Tertanam dalam memori otaknya hingga ia dewasa.

Baca juga: Profil Manusia Saat Menghadap Allah Ta'ala di Akhirat Kelak

Wallahu A'lam
(wid)
preload video