Nama Bayi Perempuan Islami Terbaik Menurut Syariat

Senin, 23 Mei 2022 - 17:00 WIB
loading...
Nama Bayi Perempuan Islami Terbaik Menurut Syariat
Dalam Islam, memberikan nama telah ditetapkan sesuai syariat serta anjuran Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Banyak inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Qur'an. Bahkan, banyak kata dalam Al-Qur'an yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan. Dalam Islam, memberikan nama telah ditetapkan sesuai syariat serta anjuran Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam. Hal ini diperkuat firman Allah Ta'ala dalam surah Maryam ayat 7:

يٰزَكَرِيَّاۤ اِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلٰمِ اۨسۡمُهٗ يَحۡيٰى ۙ لَمۡ نَجۡعَلْ لَّهٗ مِنۡ قَبۡلُ سَمِيًّا


"(Allah berfirman), "Wahai Zakaria! Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya."(QS Maryam:7)

Untuk itu, pasangan suami-istri yang akan memiliki anak, disarankan memilih nama yang bukan hanya bagus, tetapi juga mengandung doa yang baik untuk anak. Lantas, bagaimana cara memberikan nama anak sesuai syariat islam? Dilansir dari situs AZIslam.com, berikut langkah-langkahnya:



1. Pemberian nama merupakan hak ayah

Walau pemberian nama menjadi hak para ayah, bukan berarti ibu tak bisa ambil andil dalam prosesnya. Sebagai sosok yang menjalani kehamilan selama kurang lebih sembilan bulan, mereka dapat membantu ayah memilah nama anak laki-laki islami yang baik.

2. Menyematkan nasab nama untuk anak

Di akhirat kelak, Allah Swt akan memanggil nama-nama tiap muslim yang diikuti nama ayah dengan menambahkan bin (anak laki-laki) dan binti (anak perempuan). Oleh karena itu, nasab atau garis keturunan dalam Islam sang buah hati berasal dari sang ayah. Kalau ayah mengikuti syariah serta bahasa Arab, sang anak akan tak akan menemukan bahaya yang merugikan.

3. Waktu yang tepat untuk memberikan nama

Abu Musa dalam hadis yang diriwayatkan HR. Bukhari pernah mengungkapkan bila para sahabat Rasulullah Saw langsung memberikan nama begitu anak mereka lahir. Aturan ini sifatnya memang sunah, tetapi akan lebih baik kalau diikuti untuk mendapatkan ridha dan pahala. Pasutri pun dapat mempersiapkan daftar nama yang pantas sebelum masa persalinan tiba.

4. Memilah nama-nama baik untuk anak

Pemilahan nama baik sesuai syariat Islam dikuatkan pula dengan firman Allah Swt yang tertuang dalam surah Al-A’raf ayat 180. Sebagai muslim yang baik dan taat, pasutri sebaiknya mendalami dan mengikuti saran tersebut agar sang buah hati selamat di dunia maupun akhirat.

5. Berikan kemudahan kepada anak

Rata-rata nama islami di Indonesia terdiri atas dua hingga tiga kata. Ada beberapa orang tua yang menyertakan empat kata karena mempunyai makna yang mendalam. Akan tetapi, sekali lagi, jangan abaikan fungsi nama dalam jangka waktu panjang untuk anak.

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami

Berikut ini deretan rekomendasi nama bayi dari Al Qur'an bernuansa Islami yang bisa dipilih sebagai nama untuk si buah hati, berikut makna dan artinya:

Huruf A:
Adila: wanita yang lurus dan adil
Afifah : wanita lembut
Afiyah : wanita yang sehat
Ainun : mata indah
Aiza : perkasa, dihormati, serta mulia. Terdapat dalam QS Al-Maidah (5 : 54)
Aisyah : istri Nabi Muhammad SAW
Alesha : beruntung, selalu dilindungi Allah
Amina: dapat dipercaya
Annisa : perempuan, wanita
Asma : tinggi, cantik
Aqila : bijaksana, cerdas
Atiqa : wanita yang cantik
Azzahra : bunga
Afida: hati Nurani. Terdapat dalam QS An-Nahl (16 : 78)
Aghnia : kaya. Termuat dalam QS Al-Baqarah (1 : 273)



Huruf B
Bahira : pintar, brilliant
Balqis : nama Ratu di Negeri Saba yang masuk Islam
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)