Agar Hajat Dikabulkan, Ini Doa yang Diajarkan Allah kepada Nabi Muhammad

Jum'at, 03 Juni 2022 - 15:42 WIB
loading...
Agar Hajat Dikabulkan, Ini Doa yang Diajarkan Allah kepada Nabi Muhammad
Doa merupakan senjata orang mukmin. Allah mengajarkan doa munajat kepada Baginda Rasulullah SAW yang fadhilahnya memudahkan hajat dan keinginan. Foto/dok SINDOnews
A A A
Semua orang tentu ingin doanya dikabulkan oleh Allah. Bagi yang memiliki hajat atau keinginan, doa berikut bisa diamalkan dengan membacanya saat berdoa.

Doa ini disebut juga sebagai doa munajat karena menggunakan asma Allah yang sangat Agung. Allah mengajarkan doa ini kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Doa ini tercantum dalam Al-Qur'an Surat Ali Imran Ayat 26-27. Berikut lafaznya:

اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. تُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَتُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ


Allaahumma Maalikal Mulki tu'til mulka man tasyaaa'u wa tanzi'ulmulka mimman tasyaaa'u wa tu'izzu man tasyaaa'u wa tuzillu man tasyaaa'u biyadikal khairu, innaka 'alaa kulli syai'in Qadiir. Tuulijul laila fin nahaari wa tuulijun nahaara fil laili wa tukhrijul hayya minalmayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayyi wa tarzuqu man tasyaaa u bighari hisaab.

Artinya: "Wahai Allah, Pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan." (QS Ali Imran : Ayat 27)

Fadhilah
Dalam tafsir Ibnu Katsir diketengahkan sebuah Hadis yang diriwayatkan Imam Ath-Thabrani. Doa ini memiliki fadhilah keinginan orang yang berdoa akan terkabul.

Dari Ibnu Abbas, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Asma Allah yang teragung (Ismul A'zam) bila diucapkan dalam doa, niscaya diperkenankan, berada dalam ayat ini bagian dari Surat Ali Imran, yaitu firman-Nya: "Katakanlah, 'Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki, dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya engkau Mahakuasa atas segala sesuatu' (Ali Imran: 26)." (HR at-Thabrani)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)