Keutamaan Membaca Surat Yasin Setelah Sholat Maghrib

Jum'at, 10 Juni 2022 - 17:06 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Surat Yasin Setelah Sholat Maghrib
Keutamaan membaca Surat Yasin setelah sholat Maghrib perlu diketahui kaum muslimin supaya makin istiqamah mengamalkannya. Foto/Ist
A A A
Keutamaan membaca Surat Yasin setelah sholat Maghrib diterangkan dalam banyak riwayat Hadis. Bahkan para ulama mengatakan pahala membaca Surat Yasin menyamai 10 kali khatam Al-Qur'an.

Membaca Surat Yasin selepas Maghrib bagi sebagian besar muslim di Indonesia sudah menjadi wirid harian. Surat ke-36 dalam Al-Qur'an ini terdiri dari 83 ayat becerita tentang pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari Akhir, kisah Nabi dan perjuangan para syuhada.

Siapa yang membaca Surat Yasin selepas Maghrib akan mendapat keutamaan dosa-dosanya diampuni Allah. Hal ini diterangkan dalam Hadis berikut. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

Artinya: "Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At Thobroni/145, 418 dan Al-Bayhaqi/2360, 2361 dari Abu Huroiroh, Ad Darimi/3478 dari Hasan, Disahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

Redaksi Hadis ini menyebut kata malam yang berarti dimulai sejak Maghrib hingga menjelang Shubuh. Dalam riwayat lain disebutkan:

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مغفورا له، ومن قرأ حم التي يذكر فيها الدخان أصبح مغفور له

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, maka pagi harinya dia diampuni." (HR. Abu Ya'la No. 2467). Imam Ibnu Katsir berkata: isnadnya Jayyid (bagus). (Tafsir Ibnu Katsir, 6/497).

Surat Yasin juga memiliki fadhillah untuk orang yang meninggal dunia sebagaimana disebut dalam hadis berikut:

اِقْرَءُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس

Artinya: "Bacalah untuk orang mati di antara kamu, Surat Yasin." (HR Ibnu Hibban 3064, Abu Daud 2714, Ibnu Majah 1438, Ahmad 19416, 19427, an-Nasai 10913, Al-Hakim 2028, Ath-Thobroni 16904, Al-Bayhaqi 2356, 8930)

Nabi shallallahu alaihi wasallam berpesan, bacakanlah Surat Yasin atas orang yang hampir mati di antara kamu. Surat Yasin yang dibaca akan mempermudah keluarnya ruh ketika seseorang menghadapi sakaratul maut.

Ulama ahli tafsir Al-Qur'an Gus Baha dalam satu kajiannya pernah mengemukakan fadhillah Surat Yasin dapat mempermudah datangnya rezeki. Salah satu sahabat Gus Baha mendadak kaya raya berkat mengamalkan Surat Yasin sebanyak 41 kali setiap hari.

Wiridan Yasin sebanyak 41 kali sangat masyhur (terkenal) sekali. Orang yang membaca Surat Yasin 41 kali setia hari itu apabila ikhlas karena Allah akan mendatangkan karomah. Wallahu A'lam!

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)