3 Doa Sujud Terakhir dalam Sholat Sesuai Sunnah

loading...
3 Doa Sujud Terakhir dalam Sholat Sesuai Sunnah
Rasulullah menganjurkan umatnya memperbanyak doa ketika sujud. Alasannya, ketika sujud jarak antara seorang hamba dengan Allah sangatlah dekat. Foto/Ist
Memperbanyak doa ketika sujud dalam sholat termasuk anjuran Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam. Alasannya adalah ketika sujud, jarak antara seorang hamba dengan Allah sangatlah dekat.

Hal ini dijelaskan dalam salah satu Hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam pernah bersabda: "Momentum terdekat antara seorang hamba dengan Allah adalah saat sujud. Maka dari itu, perbanyaklah doa saat sujud." (HR Muslim)

Berikut bacaan doa sujud terakhir dalam sholat sesuai sunnah Rasulullah dilansir dari portal NU Online.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ دِقَّهُ وَجِلَّهُ وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّهُ

Allahummaghfirli dzanbi kullah, diqqahuu wa jillah, wa awwalahu wa akhirah, wa 'alaniyatahu wa sirrah.

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dari segala dosa, baik kecil maupun besar, awal maupun akhir, dan dosa yang terang-terangan maupun yang tersembunyi."

Selain itu, Sayyidatina Aisyah juga pernah menyampaikan bahwa Rasulullah sebelum wafat membaca sebuah doa dalam sujudnya. Berikut bacaannya:

سُبْحَانَكَ وَبِحَمْدِكَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanaka wa bi hamdika, astaghfiruka wa atubu ilaik.

Artinya: "Maha suci Engkau (ya Allah). Segala puji bagiMu. Aku memohon ampunan kepadaMu. Aku bertobat kepadaMu."

Kemudian, Abu Hurairah juga meriwayatkan dari Aisyah bahwa suatu malam dia mendapati Rasulullah sholallohu 'alaihi wassalam tidak ada di kamarnya. Saat mencarinya, dia terjatuh di telapak kaki Rasulullah yang sedang sujud dan membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allahumma a'udzu bi ridhaka min sakhotika, wa bi mu'afatika min 'uqubatika. Wa a'udzu bika minka. La uhshi tsna'an 'alaika Anta kama atsnaita 'ala nafsik.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung dengan ridhaMu dari murkaMu, dengan maafMu dari siksaMu. Aku berlindung kepadaMu daripada siksaMu. Aku tidak sanggup membilang pujian atas diriMu sebagaimana Kau membilang pujian atas diriMu sendiri."

Demikian tiga doa sujud terakhir dalam sholat yang diajarkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam.

Allahu A'lam

Baca Juga: Keutamaan Sujud dalam Shalat dan Dalil-dalilnya
(rhs)
preload video