Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya

loading...
Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya
Para orang tua yang beriman akan terus menerus dan mengulang-ulang untuk senantiasa mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya. Foto istimewa
Doa atau mendoakan anak agar tumbuh berkembang menjadi anak saleh adalah kewajiban orang tua. Apalagi semua dan setiap orang beriman menginginkan anaknya menjadi anak yang saleh. Para orang tua yang beriman akan terus menerus dan mengulang-ulang untuk senantiasa mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya. Karena mendoakan anak sudah menjadi satu paket sebagai program pendidikan untuk anak.

Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid dalam kitabnya Manhaj At-Tarbiyah An-Nabawiyah Lit Thifl mengatakan bahwa yang pertama kali dilihat anak adalah rumah dan lingkungannya. Ketika ia mendengar lantunan doa doa dari orang tua -nya makan dia akan melihat kebaikan di lingkungannya.

Baca juga: Inilah 5 Doa Terbaik Orang Tua untuk Sang Buah Hati

Rumah mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan anak. Maka doa akan membawa dampak kebaikan bagi si anak. Apalagi Doa orang tua kepada anaknya adalah doa mustajab .

NabiShallallahu ‘alaihi wa sallambersabda :

“Tiga doa mustajab yang tidak diragukan lagi, yaitu doa kedua orang tua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizalimi” (HR. Abu Daud).

Doa orang tua, baik bapak atau ibunya adalah doa yang mustajab, baik itu berisi doa kebaikan maupun keburukan. Di antara manfaat seringnya mendoakan kebaikan untuk anak adalah:

Pertama, doa kedua orang tua untuk anak adalah termasuk doa yang mustajab dan akan dikabulkan oleh Allah berdasarkan keterangan dalam hadis Nabi.

Kedua,mendoakan anak akan menambah semangat dan motivasi dalam mendidik anak.

Ketiga, mendoakan anak akan memperkuat rasa kasih sayang dan kedekatan hati dari kedua orang tua.

Keempat,hal ini merupakan sunah para nabi dan rasul, karena mereka selalu mendoakan kebaikan untuk anak dan juga keturunannya di masa yang akan datang sebagaimana banyak disebutkan dalam Al-Qur’an.

Doa orang tua untuk anak termasuk juga bukti curahan hati orang tua kepada anak untuk terus berbuat tanpa henti meluruskan jalan si anak agar semakin baik terhadap lingkungan dan taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Di antara sebaik-baik doa adalah doa yang diajarkan oleh Allah di dalam Al- Qur’an. Doa untuk kebaikan anak yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an antara lain :

1. Doa para‘Ibadurrahmandalam Al Qur’an :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَاوَذُرِّيَّاتِنَاقُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا


“Ya Tuhan kami,anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati (jiwa) kami, dan jadikanlah kami teladan bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Al-Furqan: 74).

Baca juga: 7 Tips Menanamkan Kejujuran pada Anak Sesuai Tuntutan Syariat

2. Doa Nabi Zakariya‘Alaihis salam :

فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا(5)يَرِثُنِيوَيَرِثُ مِنْ آَلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا(6)


“Anugerahilah kepadaku dari sisi-Mu seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi (ilmu dan kenabian) dari sebagian keluarga Ya’qub. Dan jadikanlah dia, ya Rabbku, seorang yang diridhai di sisi-Mu”(QS. Maryam: 5-6).

Beliau Nabi Zakariya‘Alaihis salamjuga berdoa :
halaman ke-1
preload video