MTQ Nasional Ke-29 Digelar di Kalimantan Selatan Oktober 2022

loading...
MTQ Nasional Ke-29 Digelar di Kalimantan Selatan Oktober 2022
Direktorat Penerangan Agama Islam Kementerian Agama mematangkan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional tahun 2022. Foto/Ist
JAKARTA - Direktorat Penerangan Agama Islam Kementerian Agama mematangkan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional tahun 2022. MTQ Nasional ke-29 ini akan dihelat pada 10-18 Oktober 2022 di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan .

“Kami terus mematangkan persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional tahun 2022 di Kalimantan Selatan. Kami juga berencana mengundang perwakilan dari negara sahabat untuk hadir,” kata Direktur Penerangan Agama Islam, Syamsul Bahri di Jakarta, Senin (15/8/22).

Menurut Syamsul, MTQ Nasional bukan sekadar musabaqah bacaan Al-Qur'an, tetapi juga sarana mengampanyekan moderasi beragama dan kerukunan yang telah mendarah daging di Indonesia.

Baca juga; Jatim Raih Prestasi MTQ XXVIII Nasional, Khofifah Bagikan Bonus Peserta dan Pembina

Sementara itu, Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty mengatakan, terdapat 8 cabang dan 23 golongan musabaqah yang diperlombakan. Setiap golongan diikuti dua kategori, putra dan putri.

“Penyusunan maqra sudah selesai. Dalam waktu dekat akan segera kita input ke aplikasi. Pada 15-17 Agustus 2022 ini, kami juga melakukan verifikasi tahap awal data yang dikirimkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi ke aplikasi E-MTQ,” katanya.

Selain itu, kata Rijal, panitia pusat juga sudah melakukan focus group discussion untuk menentukan Dewan Hakim. Dia menjelaskan, proses itu telah selesai dan para Dewan Hakim tengah menunggu Surat Keputusan (SK) dari Menteri Agama sebagai pemberi mandat.

“Kami memastikan seluruh peserta memiliki data yang sesuai dan benar. Kami juga berkomitmen menyelenggarakan MTQ yang transparan dan profesional,” ujarnya.

Baca juga; Keren! UGM Borong 7 Juara di MTQ Mahasiswa Nasional

Selain musabaqah, pada MTQ Nasional 2022 juga terdapat pameran berbagai produk daerah. Rijal menjelaskan, pameran akan dipusatkan di Kota Martapura dengan menggandeng kementerian atau lembaga lain.

Adapun Cabang dan Golongan MTQ Nasional 2022 meliputi
Cabang Seni Baca Al-Qur'an
-Golongan Tilawah Anak,
-Golongan Tilawah Remaja,
-Golongan Tilawah Dewasa,
-Golonhan Tartil,
-Golongan Disabilitas Netra,
-Golongan Qira'at Sab'ah Mujawwad,

Cabang Qira'at Al-Qur'an
-Golongan Qira'at Sab'ah Murottal Remaja,
-Golongan Qira'at Sab'ah Murottal Dewasa,

Cabang Hafalan Al-Qur'an
-Golongan 1 Juz dan Tilawah,
-Golongan 5 Juz dan Tilawah,
-Golongan 10 Juz,
-Golongan 20 Juz,
-Golongan 30 Juz,

Cabang Tafsir Al-Qur'an
-Golongan Bahasa Arab,
-Golongan Bahasa Indonesia,
-Golongan Bahasa Inggris,

Cabang Fahm Al-Qur'an
Cabang Syarh Al-Qur'an

Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur'an
-Golongan Tulisan Naskah,
-Golongan Hiasan Mushaf,
-Golongan Dekorasi,
-Golongan Kontemporer,
Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an
(wib)
preload video