Kisah 3 Sahabat Nabi Muhammad SAW Dikucilkan karena Tolak Ikut Perang Tabuk

Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:13 WIB
loading...
Kisah 3 Sahabat Nabi Muhammad SAW Dikucilkan karena Tolak Ikut Perang Tabuk
3 sahabat Nabi SAW diisolir selama 50 hari karena menolak ikut dalam perang Tabuk. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Kisah 3 orang sahabat Nabi Muhammad SAW ini dikucilkan gara-gara menolak ikut perang Tabuk. Tatkala Nabi berangkat dalam ekspedisi ini, ada tiga orang sahabat yang enggan ikut dalam barisan pasukan Nabi, yaitu Ka'ab bin Malik, Hilal bin Umayyah dan Mararah bin Rabi'ah. Rasulullah kemudian mengisolir mereka, selama 50 hari.

Perang Tabuk dipimpin langsung Rasulullah SAW pada 630 M atau 9 H. Ini merupakan kelanjutan perang Mu'tah melawan tentara Bizantium. Perang Mu'tah sendiri merupakan perang 3.000 prajurit muslim melawan 200.000 prajurit Bizantium (Romawi Timur).

Pada musim panas tahun 630, umat Islam mendengar kabar bahwa Bizantium dan sekutu Ghassaniyah-nya telah menyiapkan pasukan besar untuk menginvasi Hijaz dengan kekuatan sekitar 40.000-100.000 orang.



Merespons hal ini, Muhammad Husain Haekal dalam bukunya berjudul "Sejarah Hidup Muhammad" menceritakan Nabi Muhammad telah menyerukan kepada semua kabilah bersiap-siap dengan pasukan yang sebesar mungkin.

Rasul meminta muslim yang kaya ikut menyiapkan pasukan dengan harta yang ada pada mereka serta mengerahkan orang supaya sama-sama menggabungkan diri ke dalam pasukan itu.

Haekal mengatakan ada dua perasaan di kalangan muslimin pada waktu itu. Ada yang menyambut agama ini dengan hati yang bersemarak cahaya dan bimbingan Tuhan, hati yang sudah berkilauan cahaya iman, dan ia sudah tidak mengenal yang lain.

Ada yang masuk agama dengan suatu harapan, dan dengan rasa gentar. Mereka mengharapkan harta rampasan perang, karena kabilah-kabilah itu sudah tak berdaya menahan serbuan muslimin, lalu mereka menyerah dan bersedia membayar jizya dengan taat dan patuh.

Golongan pertama, dengan segera mereka itu berbondong-bondong menyambut seruan Rasulullah. Ada orang miskin dari mereka itu, tidak ada binatang beban yang akan ditungganginya, ada pula orang yang kaya raya, menyerahkan semua harta kepadanya untuk diserahkan kepada perjuangan di jalan Allah, dengan hati ikhlas, dengan harapan akan gugur pula sebagai syahid di sisi Tuhan.

Sedang yang lain masih berat-berat langkah dan mulai mereka itu mencari-cari alasan, sambil berbisik-bisik sesama mereka dan mencemooh ajakan Nabi Muhammad kepada mereka untuk menghadapi suatu peperangan yang jauh, dalam udara yang begitu panas membakar.



Singkat cerita, sepulang dari Tabuk, Rasulullah SAW dan pasukan kaum muslimin tiba di Madinah. Beliau memasuki masjid lalu sholat dua rakaat. Demikianlah kebiasaan beliau setelah melakukan perjalanan jauh.

Lalu beliau duduk. Orang-orang yang tidak ikut dalam perang Tabuk mulai berdatangan menemui beliau sambil menjelaskan alasan mereka tidak ikut dalam perang Tabuk.

Orang-orang munafik yang tidak ikut dalam peperangan tersebut menyebutkan berbagai alasan dusta, namun Nabi tetap menerima alasan-alasan yang mereka ucapkan, membai’at mereka kembali dan memohonkan ampunan buat mereka, sedangkan urusan hati mereka diserahkan kepada Allah Azza wa Jalla.

Dalam hal ini Ka'ab bin Malik bercerita, "Ketika kudengar berita bahwa Nabi telah kembali dari Tabuk, terpikir dalam hatiku untuk berdusta. Aku berpikir bagaimana supaya selamat dari kemurkaan Nabi. Namun ketika Nabi sudah sampai di Madinah, aku berpikir bahwa aku tidak akan selamat sedikit pun.

Aku kemudian memutuskan untuk mengatakan yang sebenarnya mengapa aku tidak ikut berperang bersama beliau." Nabi datang di Madinah. Aku temui dia. Beliau tersenyum, senyum marah.

"Kemarilah," ujar Nabi. Aku duduk di dekat beliau. Nabi yang mulia bertanya, "Apa yang menyebabkanmu tidak ikut berperang?"

Aku berkata, "Ya Rasul Allah, jikalau aku menghadap penduduk dunia selain engkau, tentu aku sanggup menyelamatkan diri dari dari kemurkaan dengan mengajukan alasan. Tetapi, demi Allah, sekiranya aku berdusta kepada engkau agar engkau ridha, mungkin Allah segera membuatmu marah kepadaku. Demi Allah, aku tidak mempunyai alasan apapun. Demi Allah, waktu aku meninggalkan diri, aku berada dalam keadaan yang baik (dan mampu untuk berperang)."

Rasul bersabda, "Orang ini berbicara benar. Pergilah, sampai Allah memberikan keputusan tentang kamu."

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)