17 Fakta Tentang Nabi Adam yang Jarang Diketahui

loading...
17 Fakta Tentang Nabi Adam yang Jarang Diketahui
Adam alaihissalam adalah manusia pertama yang diciptakan langsung oleh Allah Taala dan menjadikannya Abul Basyar (ayahnya para manusia). Foto/ilustrasi
Cerita tentang Nabi Adam 'alaihissalam selalu menarik untuk diulas. Kisahnya sarat hikmah dan penciptaannya termasuk salah satu tanda kebesaran Allah 'Azza wa Jalla.

Banyak hal tentang Nabi Adam yang jarang diketahui orang. Semua agama Abrahamik tidak mengingkari bahwa manusia pertama diciptakan di muka bumi ialah Nabi Adam.

Dalam Al-Qur'an sendiri, Nabi Adam disebut sebanyak 25 kali. Beliaulah manusia pertama yang diciptakan langsung oleh Allah Ta'ala dan menjadikannya Abul Basyar (ayahnya para manusia). Beliau juga Nabi pertama yang beriman kepada Allah.

Berikut 17 Fakta tentang Nabi Adam

1. Manusia pertama diciptakan langsung oleh Allah 'Azza wa Jalla dari tanah. (Al-Qur'an Surat Al-Kahfi Ayat 37; Al-Hajj Ayat 5; Ar-Rum Ayat 20; Fajir Ayat 11; Gafir Ayat 67; Ali 'Imran Ayat 59; Surat Al-An'am Ayat 2; Al-A'raf Ayat 12; Al-Mu'minun Ayat 12; As-Sajdah Ayat 7; ash-Shaffat Ayat 11; Shad Ayat 71, 76; Al-Isra' Ayat 61; dan Surat Al-Hijr Ayat 26, 28 dan 33)

2. Tercipta dari segenggam tanah yang diambil dari seluruh unsur tanah. Sehingga anak cucu Adam (umat manusia) lahir menurut kadar tanah tersebut. Ada yang berkulit merah, putih, hitam atau di antara warna-warna tersebut. Ada yang mudah ataususah dan ada yang jelek dan baik. (HR Sunan at-Turmuzi)

3. Diciptakan dalam beberapa fase dengan masa 120 tahun. Setiap fase memakan waktu 40 tahun. (Kitab Khulasah Al-Anbaa fi Qishosul Anbiyaa)

4. Diciptakan pada Hari Jumat dan wafat juga pada Jumat. (HR Ahmad 9207)

5. Memiliki tinggi (panjang) 60 Hasta atau seukuran 30 Meter. (Shahih Al-Bukhari 3326)

6. Mengetahui nama-nama benda yang tidak diketahui para Malaikat. (QS Al-Baqarah Ayat 31-32)

7. Nabi Adam melakukan Haji sebanyak 40 kali. (Kitab Khulasah Al-Anbaa fi Qishosul Anbiyaa)

8. Hidup selama 950 tahun, sebagian riwayat 1000 tahun kurang sedikit. (Kitab Khulasah Al-Anbaa fi Qishosul Anbiyaa)

9. Memiliki jenggot berwarna hitam sampai ke pusar. (Kitab Khulasah Al-Anbaa fi Qishosul Anbiyaa)

10. Manusia pertama yang bercocok tanam menanam gandum. (Kitab Khulasah Al-Anbaa fi Qishosul Anbiyaa)

11. Manusia pertama yang mendiami Surga bersama istrinya Sayyidati Hawa. (QS Al-Baqarah Ayat 35)

12. Manusia pertama yang mengucap Alhamdulilahi Rabbil 'Aalamin ketika bersin. (Kitab Khulasah Al-Anbaa fi Qishosul Anbiyaa)

13. Nabi Adam memiliki 40 anak dari 20 kali kehamilan Sayyidati Hawa. (Ibnu Jarir dalam kitab tarikhnya dan Ibnu Ishaq dalam tafsirnya). Riwayat lain Hawa melahirkan sebanyak 120 kali. Ada juga menyebut Nabi Adam memiliki 25 anak.

14. Manusia pertama yang berkomunikasi dengan Bahasa Arab ketika berada di Surga. (Ibnu Asakir meriwayatkan dari Ibnu Abbas)

15. Ketika Nabi Adam wafat, putranya bernama Syits 'alaihissalam (Syaits) melanjutkan dakwah beliau. Silsilah anak cucu Adam (manusia) juga dari keturunan Syits. (HR Ibnu Hibban 2769 dan Imam Asy-Syaibani)

16. Nabi Adam diturunkan di India dan Hawa di Jeddah Arab Saudi. (Riwayat dari Ibnu Abbas)
halaman ke-1
preload video