Kisah Tiga Orang Sakit saat Seluruh Keinginannya Dipenuhi Allah Taala

Selasa, 30 Agustus 2022 - 05:15 WIB
loading...
Kisah Tiga Orang Sakit saat Seluruh Keinginannya Dipenuhi Allah Taala
Dari tiga orang yang diuji Allah SWT hanya satu yang lulus. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Kisah tentang orang yang terkena sakit lepra , orang berkepala botak , dan orang buta berikut ini bersumber dari hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah ra bahwasanya ia pernah mendengar Nabi Muhammad SAW berkisah:

Sesungguhnya ada tiga orang dari kalangan Bani Israil, yang satu menderita penyakit kusta, satunya lagi kepalanya botak, dan yang terakhir matanya buta.

Allah SWT ingin menguji mereka semua dengan mengutus kepada mereka semua seorang malaikat, pertama kali malaikat tersebut mendatangi orang yang menderita kusta, lalu berkata kepadanya: “Apa yang paling engkau dambakan?"

Ia menjawab: “Warna kulit yang bagus, dan kulit yang mulus, serta di hilangkan penyakitku ini yang membuat manusia merasa jijik denganku”.



Kemudian malaikat tersebut mengusapnya, sehingga penyakit yang di deritanya hilang lalu kulitnya berganti menjadi mulus.

Malaikat tersebut berkata kembali kepadanya: “Harta apa yang paling engkau cintai?

Ia menjawab: “Unta".

Maka ia dikasih seekor unta yang sedang bunting, seraya di do’akan oleh malaikat tersebut: “Semoga Allah Shubhanahu wa Ta’alla memberkahi kamu dengan unta ini “.

Kemudian malaikat tadi mendatangi orang yang botak, lalu berkata kepadanya: “Perkara apa yang paling engkau inginkan?

Ia menjawab: “Rambut yang indah, sehingga aibku ini hilang, jadi manusia tidak lagi menjauh dariku”.

Malaikat tersebut mengusap kepalanya, lalu tumbuhlah rambut yang indah, dan ia diberi rambut yang bagus. Lalu malaikat bertanya kembali: “Harta apa yang paling engkau cintai?

Orang tadi menjawab: “Sapi”.

Ia lalu di beri seekor sapi betina yang sedang bunting, seraya di do’akan: “Semoga Allah Shubhanahu wa Ta’alla memberkahimu dengan sapi ini”.

Setelah itu, malaikat tersebut mendatangi orang yang buta, lalu bertanya kepadanya: “Apa yang paling engkau dambakan?"

Ia menjawab: “Aku mendambakan supaya Allah Shubhanahu wa Ta’alla mengembalikan penglihatanku, sehingga aku bisa melihat orang lain”.

Maka diusaplah matanya oleh malaikat tadi, akhirnya Allah Shubhanahu wa Ta’alla mengembalikan penglihatannya. Malaikat kemudian bertanya lagi: “Harta apa yang paling kamu sukai?

Ia berkata: “Kambing”. Ia pun di kasih kambing yang sedang bunting.



Kemudian masing-masing dari hewan pemberian tadi saling beranak pinak, sehingga orang yang pertama mempunyai satu lembah unta, yang satunya lagi mempunyai satu lembah sapi, dan yang terakhirpun mempunyai satu lembah kambing.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)