Jangan Pelit Mendoakan Orang Bersin, Berikut Kisah Imam Abu Dawud

loading...
Jangan Pelit Mendoakan Orang Bersin, Berikut Kisah Imam Abu Dawud
Kisah Imam Abu Dawud mendoakan orang yang bersin memberi kita hikmah dan pelajaran berharga. Foto/dok Channel Amirul Mukminin
Salah satu kewajiban muslim terhadap muslim lainnya adalah mendoakan orang yang mengucap hamdalah ketika bersin. Sebagian orang mungkin menganggap remeh hal ini, padahal di dalamnya ada faedah dan keutamaan besar.

Seperti kisah Imam Abu Dawud (202-275 H)yang membuat takjub para penumpang kapal. Imam Abu Dawud adalah ulama ahli hadis yang mengumpulkan sekitar 50.000 hadis dan menuliskan 4.800 di antaranya dalam Kitab Sunan Abu Dawud. Nama lengkapnya Abu Dawud Sulaiman bin Al-Asy'ats As-Sijistani. Beliau wafat di Basrah Tahun 888 Masehi pada usia 73 tahun, ada yang menyebut 71 tahun.

Diceritakan oleh Ustaz Amru Hamdany yang menukil riwayat dari Imam Ibnu Abdil Barr. Suatu kali Imam Abu Dawud berada di sebuah kapal mendengar orang bersin di pesisir pantai.

Orang yang bersin itu mengucapkan hamdalah (ٱلْحَمْدُ لِلَّٰهِ رَبِّ ٱلْعَالَمِينَ) sebagaimana sunnah setelah bersin. Imam Abu Dawud yang mendengar hal itu kemudian menyewa sebuah perahu kecil seharga 1 Dirham hanya untuk mendatangi orang yang bersin tadi. Lalu beliau mengucapkan يَرْحَمُك اللهُ (yarhamukallah) "semoga Allah melimpahkan rahmat padamu."

Setelah itu beliau balik lagi ke kapal. Orang-orang yang berada di kapal terheran-heran dan bertanya mengapa beliau melakukan hal itu. Imam Abu Dawud menjawab:

لعله يكون مجابَ الدعوة

Artinya: "Barangkali orang yang bersin tadi mustajab doanya."

Hal ini karena ketika beliau mendoakan orang yang bersin, sunnah bagi yang bersin untuk mendoakan balik dengan kalimat:

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Yahdikumullah wa Yushlihu Baalakum
Artinya: "Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu."

Imam Abu Dawud berharap orang yang bersin tadi adalah orang yang mustajab doanya. Kemudian, ketika orang-orang yang di kapal tertidur, mereka mendengar seruan:

يا أهل السفينة، إن أبا داود اشترى الجنة من الله بدرهم

Artinya: "Wahai orang-orang yang di kapal, ketahuilah bahwa sesungguhnya Abu Dawud telah membeli surga dari Allah dengan harga satu Dirham." (Ghiza' Al-Albab karya Imam As-Safarini Al-Hanbali, 1/341)

Imam Ibnu Hajar juga menceritakan kisah ini dalam Syarah Al-Bukhari beliau. Untuk diketahui, mendoakan orang bersin termasuk di antara kewajiban yang banyak ditinggalkan. Sebagaimana sabda Nabi shollallohu 'alaihi wasallam, hal itu di antara hak saudara muslim yang harus ditunaikan. Baik kepada yang kita kenal ataupun tidak.

Dan kita tidak tahu orang bersin yang kita doakan adalah orang yang doanya selalu diistijabah oleh Allah. Sehingga mungkin dengan balasan doanya menjadi sebab kita masuk surganya Allah.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Sering Diabaikan, Inilah 6 Hak Muslim Terhadap Muslim Lainnya
(rhs)
preload video