Jelang Kiamat Angin Lembut Diutus Mencabut Ruh Orang Mukmin

loading...
Jelang Kiamat Angin Lembut Diutus Mencabut Ruh Orang Mukmin
Sebelum peniupan Sangkakala pada Hari Kiamat, Allah akan mengutus angin lembut untuk mencabut ruh orang-orang beriman. Foto ilustrasi/Channel YouTube Ummu Al Fatih 2
Menjelang hari Kiamat Allah akan mengutus angin lembut untuk mencabut ruh orang-orang beriman. Inilah salah satu kemuliaan diberikan Allah kepada hamba-Nya yang beriman sebelum Sangkakala ditiup Malaikat.

Hal ini dijelaskan dalam Hadis dari an-Nawwas bin Sam'an:

إِذْ بَعَثَ اللهُ رِيْحًا طَيِّبَةً، فَتَأْخُذُهُمْ تَحْتَ آبَاطِهِمْ، فَتَقِبْضُ رُوْحَ كُلِّ مُؤْمِنٍ وَكُلِّ مُسْلِمٍ، وَيَبْقَى شِرَارُ النَّاسِ؛ يَتَهَارَجُوْنَ فِيْهَا تَهَارُجَ الْحُمُرِ، فَعَلَيْهِمْ تَقُوْمُ السَّاعَةُ

Artinya: "Tiba-tiba saja Allah mengutus angin yang lembut, sehingga (angin tersebut) mengambil (mewafatkan) mereka dari bawah ketiak-ketiak mereka, lalu diambillah setiap ruh mukmin dan muslim, dan yang tersisa hanyalah manusia yang paling durjana. Mereka menggauli wanita-wanita mereka secara terang-terangan bagaikan keledai, maka kepada merekalah Kiamat akan terjadi." (Shahih Muslim)

Berkaitan dengan Hadis tersebut, sahabat Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu 'anhuma pernah mengatakan:

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا عَلَى شِرَارِ الْخَلْقِ، هُمْ شَرٌّ مِنْ أَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ، لَا يَدْعُونَ اللَّهَ بِشَيْءٍ إِلَّا رَدَّهُ عَلَيْهِمْ

Artinya: "Kiamat hanya akan terjadi pada manusia yang paling jelek. Mereka lebih jelek dibandingkan orang jahiliyah. Setiap doa yang mereka panjatkan, pasti Allah tolak doanya." (HR Muslim 1924 dan Ibnu Hibban 6836)

Dalam riwayat disebutkan angin ini muncul sebelum terjadinya setelah turunnya Nabi Isa, terbunuhnya Dajjal, serta binasanya Yakjuj dan Makjuj. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ اللهَ يَبْعَثُ رِيْحًا مِنَ الْيَمَنِ، أَلْيَنُ مِنَ الْحَرِيْرِ، فَلاَ تَدَعُ أَحَدًا فِـيْ قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ إِيْمَانٍ؛ إِلاَّ قَبَضَتْهُ

Artinya: "Sesungguhnya Allah mengirimkan angin dari arah Yaman yang lebih lembut daripada sutera, angin itu tidak akan pernah meninggalkan seorang pun yang di dalam hatinya terdapat keimanan seberat biji sawi melainkan dia mencabutnya." (HR Muslim)

Setelah munculnya angin dari Yaman ini maka yang tersisa di dunia adalah orang-orang kafir. Dan orang-orang kafir ini kelak akan merasakan dahsyatnya Hari Kiamat yang mereka dustakan.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Sedihnya Amalan Segunung Tapi Bangkrut di Hari Kiamat, Ini Sebabnya
(rhs)
preload video