Rahasia Surat Al-Mulk dan Doa Setelah Membacanya

loading...
Rahasia Surat Al-Mulk dan Doa Setelah Membacanya
Ada beberapa rahasia yang terkandung dalam Surat Al-Mulk perlu diketahui umat muslim. Foto/Ist
Surat Al-Mulk (الۡمُلۡكُ) termasuk salah satu surat yang agung dalam Al-Qur'an. Ada beberapa rahasia yang terkandung dalam Surat Al-Mulk perlu diketahui umat muslim.

Surat ke-67 ini terdiri atas 30 ayat diturunkan sesudah Surat Ath-Thuur. Nama Al-Mulk sendiri diambil dari kata Al-Mulk yang terdapat pada ayat pertama surat ini, yang artinya kerajaan atau kekuasaan. Surat ini dinamai juga dengan "Surat Tabaarak" (Maha Suci).

Imam at-Tirmidzi dan Imam Ahmad mengemukakan, Surat Al-Mulk termasuk surat-surat Al-Qur'an yang biasa dibaca oleh Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam sebelum tidur pada malam hari, karena agungnya kandungan surat tersebut.

Ketika Rasulullah SAW menjadikan surat ini sebagai amalan sebelum tidur, itu artinya surat ini memiliki keutamaan yang agung. Apa rahasia yang terkandung dalam surat ini?

Coba kita cermati isi Surat Al-Mulk, kandungannya benar-benar dahsyat. Pada ayat pertama Surat Al-Mulk, Allah menegaskan bahwa Dia menguasai segala kerajaan baik di dunia dan kerajaan Akhirat. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Artinya, tidak ada suatu apa pun yang dapat menandingi kekuasaan-Nya dan tidak ada suatu apa pun yang luput dari kekuasaan-Nya itu. Mari perhatikan firman-Nya:

تَبٰرَكَ الَّذِىۡ بِيَدِهِ الۡمُلۡكُ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرُۙ‏

Tabaarakal ladzii biyadihil Mulku wa Huwa 'alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: "Mahasuci Allah yang menguasai (segala) kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS. Al-Mulk ayat 1)

Inilah salah satu rahasia Surat Al-Mulk yang menunjukkan besarnya keutamaannya. Di ayat selanjutnya Allah menegaskan Dia-lah yang menciptakan mati dan hidup adan menguji manusia siapa yang paling baik amalnya.

اۨلَّذِىۡ خَلَقَ الۡمَوۡتَ وَالۡحَيٰوةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ اَيُّكُمۡ اَحۡسَنُ عَمَلًا ؕ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡغَفُوۡرُۙ‏

Artinya: "Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun." (QS Al-Mulk ayat 2)

Jika kita tadaburi, ayat kedua Al-Mulk ini mengajarkan manusia tentang hakikat hidup yang sebenarnya. Siapa yang amalnya paling baik maka beruntunglah ia, dan sebaliknya.

Adapun kandungan pokok dari Surat Al-Mulk meliputi penegasan Allah tentang kekuasaan-Nya atas segala sesuatu, menciptakan mati dan hidup, langit berlapis-lapis, hakikat hidup bagi manusia, ancaman bagi orang-orang kafir, dan janji Allah kepada orang mukmin.

Kabar Gembira untuk Umat Muslim
Dalam berbagai riwayat Hadis, Rasulullah SAW memberi kabar gembira bagi umatnya yang istiqamah membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur. Di antaranya dapat memberi syafa'at bagi pembacanya, penghalang dari siksa kubur dan menjadi sebab seseorang dikeluarkan dari neraka.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

سُورَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ {تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ}. وفي رواية: فأخرجته من النار و أدخلته الجنة

Artinya: "Satu surat dalam Al-Qur'an (terdiri dari) 30 ayat (pada hari Kiamat) akan memberi syafa'at (dengan izin Allah) bagi orang yang selalu membacanya (merenungkan maknanya) sehingga Allah mengampuninya, (yaitu Surat Al-Mulk): "Tabarokalladzi biyadihil-Mulku". Dalam riwayat lain: "Sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga." (HR Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan Al-Hakim)

Dari Abdullah bin Mas'ud berkata: "Siapa membaca Surat Tabarokalladzi biyadihil Mulk setiap malam, maka Allah 'azza wa jalla menghindarkannya dari azab kubur. Dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah (masih hidup) menamainya Al-Mani'ah (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam satu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan." (HR. An-Nasa'i)

Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk
Membaca Surat Al-Mulk hendaknya ditutup dengan doa-doa yang baik. Setelah membaca Surat Al-Mulk dan mentadaburi maknanya, dianjurkan membaca doa berikut.

Doa ini diketengahkan dalam Kitab Al-Minahus Saniyah 'ala Al-Washiyah Al-Matbuliyah. Berikut doanya:

اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنَا بِالْإِسْلَامِ قاعدا وَرَاقِدًا وَلَاتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلَاحَاسِدًا ,اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ

Allahumma' shimnaa bil-Islaami Qoo-'idan wa Rooqidan walaa Tusymit Fiinaa 'Aduwwan walaa haasidan. Allahumma Innaa Na'uudzu bika mMin Syarri Kulli Daabbatin Anta Aakhidzun Binaashiyatihaa wa Nas-Alukal Khoirolladzi biyadik.

Artinya: "Ya Allah, jagalah (lindungilah) kami dengan tetap memeluk Islam, baik ketika duduk dan tidur. Janganlah Engkau bahagiakan hati musuh dan orang yang hasud kepada kami. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan setiap makhluk. Engkau adalah Dzat yang mengendalikan mereka. Dan kami memohon kepada-Mu kebaikan-kebaikan yang ada pada-Mu."

Wallahu A'lam

Baca Juga: 5 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk Sebelum Tidur
(rhs)
preload video