Jumlah Nabi dan Rasul: Ada Hadis yang Menyebut Sejuta

Rabu, 12 Oktober 2022 - 16:21 WIB
loading...
Jumlah Nabi dan Rasul: Ada Hadis yang Menyebut Sejuta
Nabi pertama adalah Nabi Adam. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Para ulama berbeda pendapat mengenai jumlah para nabi dan para rasul. Hadis-hadis mengenai nabi memang menyebut angka yang berbeda-beda. Ada yang menyebut 1.000 nabi, 8.000 nabi, ratusan ribu nabi, bahkan ada hadis yang menyebut jumlah nabi ada 1 juta.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menukil sejumlah hadis mengenai jumlah nabi tersebut. Salah satunya hadis di dalamnya terdapat riwayat Abu Ya'la Al-Mausuli dari Abu Sa'id yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"إِنِّي أَخْتِمُ ألفَ ألفَ نبيٍّ أَوْ أكثرَ، مَا بَعَثَ اللَّهُ مِنْ نَبِيٍّ إِلَى قَوْمِهِ إِلَّا حذَّرهم الدجالَ...."

"Sesungguhnya aku mengakhiri sejuta nabi atau lebih. Tidak sekali-kali Allah mengutus seseorang nabi kepada kaumnya, melainkan memperingatkan kepada mereda terhadap Dajjal."

Demikianlah menurut lafaz yang diketengahkannya, yaitu dengan tambahan lafaz alfun (hingga maknanya menjadi satu juta, bukan 1000).

Tetapi, kata Ibnu Katsir, adakalanya lafaz tersebut merupakan sisipan, hanya Allah yang lebih mengetahui. "Tetapi konteks riwayat Imam Ahmad lebih kuat dan lebih berhak untuk dinilai sahih," ujarnya.

Baca juga: Dialog Rasulullah SAW dengan Abu Dzar Al-Ghifari tentang Jumlah Nabi sampai Ayat Kursi

Hadis yang dimaksud Ibnu Katsir adalah yang disampaikan Abdullah ibnul Imam Ahmad yang mengatakan bahwa ia menjumpai dalam kitab ayahnya (Imam Ahmad) yang ditulis oleh tangan ayahnya sendiri sebuah hadis dari dari Abul Wadak yang mengatakan bahwa Abu Sa'id pernah bertanya, "Apakah menurut pendapatmu Khawarij adalah Dajjal?"

Abul Wadak menjawab, "Bukan."

Lalu Abu Sa'id berkata bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Sesungguhnya aku adalah penutup 1000 nabi atau lebih, dan tidak sekali-kali seorang nabi yang diutus kecuali dia pasti memperingatkan umatnya terhadap Dajjal."

Hadis ini diriwayatkan pula oleh Al-Hafiz Abu Bakar Al-Bazzar melalui jalur Jabir ibnu Abdullah ra yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Sesungguhnya aku benar-benar merupakan penutup seribu nabi atau lebih, dan sesungguhnya tidak ada seorang pun dari mereka melainkan telah memperingatkan umatnya akan Dajjal."

Dari semua hadis itu, hadis yang terkenal sehubungan dengan masalah jumlah nabi adalah hadis Abu Dzar al-Ghifari yang oleh Ibnu Murdawaih dimuat dalam kitab tafsirnya.

Ibnu Murdawaih mengatakan, suatu ketika Abu Dzar Al-Ghifari bertanya kepada Rasulullah SAW. "Wahai Rasulullah, berapakah para nabi itu?"

"124.000 orang nabi," jawab Rasulullah.

"Wahai Rasulullah, berapakah jumlah yang menjadi rasul dari kalangan mereka?"

Rasulullah SAW menjawab, "313 orang rasul, jumlah yang cukup banyak."

Abu Dzar bertanya lagi. "Siapakah rasul yang paling pertama itu?"

"Adam," jawab Rasulullah SAW.

"Wahai Rasulullah, apakah dia nabi yang jadi rasul?"

Baca juga: 5 Wasiat Nabi Adam kepada Putranya Nabi Syith
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1252 seconds (10.55#12.26)