10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga yang Tercantum dalam Al-Qur'an

Senin, 24 Oktober 2022 - 13:07 WIB
loading...
10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga yang Tercantum dalam Al-Quran
Sapi dan kambing merupakan dua dari beberapa hewan yang akan Allah Taala masukkan ke dalam surga kelak. Foto istimewa
A A A
Ada beberapa hewan yang dijamin masuk surga yang tercantum dalam Al-Qur'an, baik pada nama surat maupun sebagai sebuah kisah. Hal ini tentu bukan sekadar dongeng belaka, namun banyak hikmah di dalamnya. Setiap hewan yang disebut dalam Al-Qur’an mempunyai peran penting, karena perannya itu pula, Allah memasukkannya ke dalam surga. Hewan apa saja?

Kehidupan hewan memang identik dengan kehidupan dunia fana. Kita tahu bahwa syariat bukan diturunkan untuk hewan yang tak berakal, melainkan pada manusia, agar selamat dunia akhirat. Namun, prilaku dan cara kita berinteraksi dengan makhluk-makhluk Allah bernama hewan itu bisa jadi penentu kehidupan setelah mati.

Baca juga: Anjing di Surat Al-Kahfi yang Dipercaya Masuk Surga itu bernama Qithmir

Dalam sebuah hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bercerita tentang seorang pelacur yang mendapat ampunan lantaran menolong seekor anjing yang kehausan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Seorang wanita pezina telah mendapatkan ampunan. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di pinggir sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan, (melihat ini) si wanita pelacur itu melepas sepatunya lalu mengikatnya dengan penutup kepalanya lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya itu dia mendapatkan ampunan dari Allah Swt.” [HR. Bukhari dan Muslim].

Di hadis lain, Rasulullah juga mengabarkan tentang seorang wanita mendapat siksa neraka karena perbuatannya di dunia yang telah menyiksa seekor anak kucing. Terdapat pula hadis lain yang intinya berkaitan tentang perintah untuk berbuat baik kepada binatang dan alam sekitar. Semua perbuatan itu kelak akan mendapat balasan yang setimpal di akhirat.

Akhirat merupakan kehidupan akhir yang diterima manusia berdasarkan perbuatnya di dunia. Dalam Al-Quran banyak dijumpai ayat yang menjelaskan akhirat, tentang surga dan neraka serta para calon penghuninya. Para calon penghuni surga adalah orang-orang beriman yang bertakwa kepada Allah. Mereka akan mendapatkan balasan surga atas ketaatan yang dilakukan selama di dunia.

Namun, para calon penghuni surga tidak hanya dari kalangan manusia yang beriman, ada juga dari jenis hewan. Bahkan ada 10 hewan yang sudah dipastikan menjadi penghuni surga. Berikut 10 hewan penghuni surga, sebagaimana disebutkan dalam kitab 'Tafsirul Azhan min Tafsiri Ruhil Bayan', hewan tersebut adalah sebagai berikut

1. Untanya Nabi Sholeh alaihissalam
2, Anak sapinya Nabi Ibrahim alaihissalam
3. Kambingnya Nabi Ismail alaihissalam
4. Sapinya Nabi Musa alaihissalam
5. Ikan hiunya Nabi Yunus alaihissalam
6. Keledainya Nabi Uzair
7. Semutnya Nabi Sulaiman alaihissalam
8. Burung hud-hud Ratu Bilqis
9. Anjingnya Ashabul Kahfi
10. Untanya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam

Keistimewaan yang dimiliki 10 hewan ini adalah kepatuhan mereka kepada tuannya dan turut membantu dalam menegakkan agama tauhid di muka bumi. Karena itu, Allah mengistimewakan mereka dibanding hewan lainnya dengan balasan berupa surga.

Baca juga: Mengenal Hewan-hewan yang Allah Masukkan ke Dalam Surga

Wallahu A'alam
(wid)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2757 seconds (11.210#12.26)