Begini Jawaban Rasulullah SAW saat Dedengkot Munafik Mempertanyakan Mukjizatnya

Rabu, 26 Oktober 2022 - 13:37 WIB
loading...
Begini Jawaban Rasulullah SAW saat Dedengkot Munafik Mempertanyakan Mukjizatnya
Abdullah bin Ubay bin Salul menjadi gembong kaum munafik karena dengki dan membenci Nabi Muhammad. Foto/Ilusrasi: Ist
A A A
Dedengkot kaum munafik, Abdullah bin Ubay , pernah bertanya perihal mukjizat Rasulullah SAW. Pertanyaan yang terkesan menantang itu disampaikan Abdullah bin Ubay kepada Abu Bakar Ash-Shiddiq .

"Katakanlah kepada Muhammad agar dia mendatangkan suatu mukjizat kepada kami (orang-orang Yahudi ) sebagaimana yang pernah didatangkan oleh para utusan terdahulu," ujar Abdullah bin Ubay kepada Abu Bakar.

Ibnu Katsir menyampaikan kisah ini dalam tafsirnya, terkait firman Allah SWT pada al-Quran surat al-Anbiya ayat 5-6. Allah SWT berfirman:

فَلْيَأْتِنَا بِآيَةٍ كَمَا أُرْسِلَ الأوَّلُونَ

"Maka hendaknya ia mendatangkan kepada kita suatu mukjizat, sebagaimana rasul-rasul yang telah lalu diutus." ( QS Al-Anbiya : 5)

Menurut Ibnu Katsir, mereka bermaksud bahwa mukjizat itu seperti unta Nabi Saleh, mukjizatnya Musa dan Isa. Allah SWT telah berfirman sehubungan dengan hal ini:

وَمَا مَنَعَنَا أَنْ نُرْسِلَ بِالآيَاتِ إِلا أَنْ كَذَّبَ بِهَا الأوَّلُونَ وَآتَيْنَا ثَمُودَ النَّاقَةَ مُبْصِرَةً فَظَلَمُوا بِهَا

"Dan sekali-kali tidak ada yang menghalangi Kami mengirimkan (kepadamu) tanda-tanda (kekuasaan Kami), melainkan karena tanda-tanda itu telah didustakan oleh orang-orang dahulu. ( QS Al-Isra : 59), hingga akhir ayat.

Abu Bakar Menangis
Menukil hadis yang diriwayatkan Ibnu Abu Hatim, Ibnu Katsir menyampaikan kisah yang disampaikan Ubadah ibnus-Samit dalam majelisnya. Ubadah berkisah:

Ketika para sahabat berada di dalam masjid, saat itu Abu Bakar sedang membaca sebagian dari Al-Qur'an. Kemudian datanglah Abdullah ibnu Ubay ibnu Salul yang saat itu membawa bantal dan permadani, lalu meletakkan bawaannya dan duduk bersandar padanya.

Abdullah ibnu Ubay ibnu Salul adalah seorang yang berwajah cerah, fasih tutur katanya, tetapi suka berdebat.

Ia berkata, "Hai Abu Bakar, katakanlah kepada Muhammad agar dia mendatangkan suatu mukjizat kepada kami (orang-orang Yahudi) sebagaimana yang pernah didatangkan oleh para utusan terdahulu. Musa datang dengan membawa luh-luh, Daud datang dengan membawa kitab Zabur, Saleh datang membawa mukjizat unta betina, Isa datang membawa kitab Injil dan hidangan dari langit."

Abu Bakar menangis dan Rasulullah SAW keluar, lalu Abu Bakar berkata, "Marilah kita bangkit menemui Rasulullah SAW untuk meminta pertolongan dalam menghadapi si munafik ini."

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya tidaklah layak aku dihormati dengan sambutan berdiri, melainkan hanya Allah-lah yang pantas mendapat perlakuan seperti itu."

Kami berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami mendapat tantangan dari orang munafik ini."

Rasulullah SAW bersabda, bahwa sesungguhnya Malaikat Jibril berkata kepadanya, "Keluarlah kamu, dan ceritakanlah kepada(nya) tentang nikmat-nikmat yang telah dikaruniakan kepadamu oleh Allah dan keutamaan-keutamaan yang diberikan kepadamu."

Rasulullah SAW melanjutkan sabdanya, "Jibril telah menyampaikan berita gembira kepadaku, bahwa aku diutus untuk orang yang berkulit merah dan berkulit hitam (semua bangsa), dan Allah telah memerintahkan kepadaku agar menyampaikan peringatan kepada jin."

"Allah menurunkan Kitab-Nya kepadaku, sedangkan aku dalam keadaan ummi. Dia telah mengampuni semua dosaku yang terdahulu dan yang terkemudian, dan namaku disebut di dalam azan."

"Dia telah memberikan bantuan para malaikat kepadaku, dan kemenangan datang kepadaku, rasa gentar yang mencekam hati musuh berada di hadapanku."

"Allah telah memberiku Telaga Kausar, dan menjadikan telagaku adalah telaga yang paling besar di hari kiamat."
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)