Kisah Shahabiyat : Satu-satunya Muslimah yang Doanya Diabadikan dalam Al-Qur'an

Rabu, 09 November 2022 - 12:53 WIB
loading...
Kisah Shahabiyat : Satu-satunya Muslimah yang Doanya Diabadikan dalam Al-Quran
Khaulah binti Tsa’labah adalah wanita yang patut dijadikan teladan oleh kaum muslimah. Seorang wanita yang karena ketaatannya kepada Allah dan Rasulullah, sehingga pengaduannya didengar oleh Allah Taala.. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kisah dari seorang shahabiyah (sehabat perempuan Rasulullah) yang menakjubkan yang belum pernah tertandingi hingga hari ini, di zaman ini. Cerita bermula, kala suatu hari, Umar bin Khatthab bepergian bersama orang-orang Quraisy. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan seorang perempuan tua. Perempuan tua itu lantas meminta Umar berhenti. Dia lalu berbincang-bincang dengan Amirul Mukminin tersebut.

Seseorang di antara rombongan berkata, “Wahai Amirul Mukminin , apakah Tuan menghentikan langkah orang-orang demi wanita tua ini?” Umar lantas menjawab, “Celakahlah kamu! Apakah kamu tahu siapa dia? Dia adalah perempuan yang didengar pengaduannya oleh Allah dari atas tujuh langit.

Dia adalah Khaulah binti Tsa’labah yang Allah Ta'ala turunkan ayat tentangnya dalam surah Al-Mujadalah

قَدْ سَمِعَ ٱللَّهُ قَوْلَ ٱلَّتِى تُجَٰدِلُكَ فِى زَوْجِهَا وَتَشْتَكِىٓ إِلَى ٱللَّهِ وَٱللَّهُ يَسْمَعُ تَحَاوُرَكُمَآ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ


"Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS Al-Mujadalah : 1)


Sebenarnya banyak sekali nama Khaulah dalam deretan nama-nama sahabat Nabi. Ada Khaulah binti Iyyas, Khaulah binti Tsabit, Khaulah binti Tsamir, dan lain-lain. Salah satu Khaulah yang termasuk golongan shahabiyah itu adalah perempuan yang disebut dalam cerita di atas, Khaulah binti Tsa’labah.

Siapakah dia sehingga Umar begitu sangat menghormatinya? Nama lengkapnya adalah Khaulah binti Tsa’labah bin Ashram bin Fahar bin Tsa'labah Ghanam bin Auf. Ada juga yang menyebutnya dengan sighat tashghir, Khuwailah binti Khuwailid.

Dalam kitab 'Nisaa' Haular Rasul' dijelaskan Khaulah merupakan istri dari Aus bin Ash-Shamit, saudaranya ‘Ibadah. Khaulah bercerita, “Demi Allah, dalam (permasalahan)ku dan Aus bin Ash-Shamit, Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menurunkan awal ayat surat al-Mujadalah. Saat itu, status Khaulah adalah istrinya.

Khaulah berkisah; Ia seorang laki-laki yang telah tua renta, perangainya telah berubah menjadi kasar dan suka membentak. Suatu hari, ia menemuiku. Kala itu, aku membantahnya dengan sesuatu. Ia pun marah, lantas berkata, ‘Engkau ibarat punggung ibuku bagiku.’ Ia lalu keluar dan duduk di tempat kaumnya berkumpul.

“Beberapa saat kemudian ia masuk menemuiku dan saat itu ia menginginkanku. Maka kukatakan padanya, ‘Sekali-kali tidak. Demi Dzat Yang jiwaku berada dalam kekuasaan-Nya, janganlah engkau mendekatiku. Engkau telah mengucapkan apa yang telah engkau ucapkan, sampai Allah dan Rasul-Nya memutuskan hukum dalam permasalahan kita.’

Khaulah mengaku suaminya telah bertindak kasar padanya. Ia bercerita, suaminya melompat hendak menangkapnya. Lalu menghindar darinya dan berusaha melawan dengan kekuatan seorang wanita menghadapi lelaki tua lemah. Sehingga Khaulah menemui Rasulullah. Maka ia duduk di hadapan beliau. Kemudian ia menceritakan apa yang telah terjadi dengan suaminya. Khaulah mengeluh pada Rasulullah perihal perilaku kasar suaminya itu.

Rasulullah bersabda, “Wahai Khaulah! Anak pamanmu itu adalah seorang laki-laki yang telah tua. Maka bertaqwalah engkau kepada Allah terhadap suamimu!” Khaulah berkata, “Demi Allah, aku tidak beranjak dari sisi beliau sampai turun Al-Qur’an. Ketika itu Rasulullah SAW diliputi sesuatu dan diwahyukan kepada beliau. Lalu beliau berkata padaku, ‘Wahai Khaulah! Allah telah menurunkan firman-Nya tentang permasalahanmu dan suamimu.’ Kemudian beliau membacakanku surat al-Mujadalah ayat 1-4:

قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا وَتَشْتَكِي إِلَى اللَّهِ
sampai ayat

فَمَن لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ مِن قَبْلِ أَن يَتَمَآسَّا فَمَن لَّمْ يَسْتَطِعْ فَإِطْعَامُ سِتِّينَ مِسْكِينًا ذَلِكَ لِتُؤْمِنُوا بِاللهِ وَرَسُولِهِ وَتِلْكَ حُدُودُ اللهِ وَلِلْكَافِرِينَ عَذَابٌ أَلِيمٌ


Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan kepada Khaulah tentang kafarah zihar:

Rasulullah : Perintahkan kepadanya agar ia memerdekakan seorang budak!’ “

Khaulah : ‘Demi Allah, wahai Rasulullah! Dia tidak memiliki seorang budak.’

Rasulullah : ‘Kalau begitu, hendaklah ia berpuasa selama dua bulan berturut-turut.

Khaulah : ‘Demi Allah, wahai Rasulullah! Dia adalah seorang lelaki tua yang tidak sanggup lagi berpuasa.’

Rasulullah: ‘Jika demikian, hendaklah ia memberi makan enam puluh orang miskin dengan satu wasaq kurma.’
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2220 seconds (0.1#10.140)