Kisah Ulama Menggali Kuburnya Sendiri dan Khatamkan Al-Qur'an 8.000 Kali

Minggu, 13 November 2022 - 13:35 WIB
loading...
Kisah Ulama Menggali Kuburnya Sendiri dan Khatamkan Al-Quran 8.000 Kali
Salah satu keistimewaan Habib Ahmad Al-Muhdhar semasa hidupnya menggali kuburannya sendiri sebelum beliau wafat dan mengkhatamkan Al-Quran hingga 8.000 kali. Foto/Ist
A A A
Kisah ini cukup populer di kalangan pecinta Habaib (Dzurriyah Nabi). Seorang ulama yang dikenal sebagai waliyullah, Habib Ahmad Al-Muhdhar (wafat 1304 H) menggali kuburannya sendiri dan mengkhatamkan Al-Qur'an hingga 8.000 kali.

Ulama keturunan Nabi Muhammad SAW ini bernama lengkap Al-Imam Habib Ahmad bin Muhammad bin Alwi Al-Muhdhor. Lahir di Ar-Rasyid Ad-Du'aniyah Yaman pada Tahun 1217 H dan wafat 1304 H (Tahun 1886 M). Anak keturunan beliau tersebar di Malaysia dan Indonesia.



Salah satu keistimewaan Habib Ahmad Al-Muhdhar semasa hidupnya menggali kuburannya sendiri sebelum beliau wafat, terletak di depan masjid yang dibinanya. Pada saat itu keadaan beliau masih sehat.

Setiap hari beliau masuk ke dalam kuburan yang digalinya itu dan mengkhatamkan Al-Qur'an di dalamnya berkali-kali. Jika dihitung, beliau mengkhatamkan Al-Qur'an di dalam lubang makamnya hingga 8.000 kali.

Dalam Manaqib beliau diceritakan, saat usia 7 tahun sudah menghafal 30 Juz Al-Qur'an. Habib Ahmad Al-Muhdhar dikenal memiliki kecintaan luar biasa kepada Sayyidatuna Khadijah Al-Kubro. Banyak qasidah dan syair beliau karang memuji istri Baginda Rasulullah SAW yang mulia itu.

Salah satu amalan dan mujahadah beliau disebutkan, kehidupan hariannya selalu membaca Al-Qur'an lebih 50 tahun sebelum kewafatannya. Beliau menggali liang lahadnya sendiri dan mengkhatamkan Al-Qur'an di dalam kuburan itu sebanyak 8.000 kali atau sekitar 30 tahun sebelum kewafatannya.

Tatkala anaknya bernama Hamid melihat ayahnya membaca Al-Qur'an di dalam kuburan yang digalinya, bertanya: "Kenapa bersusah payah wahai ayah sehingga sanggup membaca Al-Qur'an di dalam liang lahad ini?" Maka dijawab sang ayah: "Tidaklah menjadi bebanan buat aku andai sekiranya Rabiatul Adawiyah membaca Al-Qur;an di liang lahadnya sendiri dan mengkhatamkan 7.000 kali Al-Qur'an sebelum wafat."
Kisah Ulama Menggali Kuburnya Sendiri dan Khatamkan Al-Qur'an 8.000 Kali

Bahkan, Habib Ahmad Al-Muhdhor sering menziarah makam Syaikh Said bin Isa Al-Amudi di perkampungan Qaidun. Di dalam perjalanan itu, beliau membaca Al-Qur'an di awal perjalanannya di Quwaireh dan mengkhatamkanya setibanya di Qaidun. Jarak antara Quwaireh dan Qaidun pada zaman itu kurang lebih 4 jam dengan berjalan kaki.

Beliau menziarahi Makam Syaikh Said bin Isa pada waktu pagi atau petang dan pulang sebelum fajar untuk Sholat Subuh di Quwaireh. Beliau juga membaca seperempat dari Al-Quran setiap kali menunaikan Sholat Sunnah Dhuha.

Habib Ahmad Al-Muhdhar membina masjid berdekatan rumahnya dan menamakannya dengan Masjid an-Nabiyyil Mukhtar. Kajian ilmu dan rauhah mendidik masyarakat dan murid-muridnya dilakukan di masjid yang bersebelahan dengan kuburan yang digalinya.

Habib Ahmad bin Muhammad Al-Muhdhor menghadap sang Khaliq pada 7 Shafar Tahun 1304 Hijriyah (Tahun 1886 M) dan dimakamkan di kuburan yang digalinya sendiri. Masya Allah benar-benar wafat yang indah.

Begitulah para ulama menyiapkan bekalnya sebelum datangnya kematian. Bahkan orang-orang saleh terdahulu menggali kuburan sendiri dan menyiapkan kain kafan sebelum wafat. Semoga kisah ini menjadi ibrah bagi kita.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)