Begini Isi Surat Al Waqiah 35-38 Tentang Bidadari Surga

Jum'at, 09 Desember 2022 - 08:53 WIB
loading...
Begini Isi Surat Al Waqiah 35-38 Tentang Bidadari Surga
Dalam surat Al Waqiah ayat 35-38, Al Quran menceritakan tentang bidadari surga dan gambaran tentang sosoknya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Al Waqiah terdiri dari 96 ayat yang merupakan surah ke 56 dalam Al Quran, dan tergolong ke dalam surat Makkiyah. Surat ini banyak membahas tentang hari kiamat sebagaimana arti Al Waqiah yang berarti "Hari Kiamat". Namun terdapat pula ayat yang membahas tentang keutamaan penghuni surga.

Seperti yang tertera pada surat Al Waqiah ayat 35-38. Ayat tersebut membahas salah satu keutamaan penghuni surga, yang menyinggung keberadaan bidadari surga .

Baca juga: Rutin Membaca Surat Al Waqiah, Amalan Terbaik Muslimah yang Akan Melenyapkan Kemiskinan

Surat Al Waqiah ayat 35

اِنَّآ اَنْشَأْنٰهُنَّ اِنْشَاۤءًۙ


Artinya : "Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari itu) secara langsung"

Surat Al Waqiah ayat 36

فَجَعَلْنٰهُنَّ اَبْكَارًاۙ


Artinya : "Lalu Kami jadikan mereka perawan-perawan,"

Surat Al Waqiah ayat 37

عُرُبًا اَتْرَابًاۙ


Artinya : "Yang penuh cinta (dan) sebaya umurnya,"

Surat Al Waqiah ayat 38

لِّاَصْحٰبِ الْيَمِيْنِۗ


Artinya : "Untuk golongan kanan"

Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa perempuan-perempuan salehah yang meninggal ketika di dunia dalam usia senja mereka akan dikembalikan lagi dalam penciptaan yang baru yang sebelumnya mereka telah tua renta, lalu menjadi perawan dan berusia muda kembali.

Kemudian dalam tafsir Kemenag menjelaskan bahwa, sesungguhnya di surga juga terdapat bidadari-bidadari cantik yang Kami ciptakan mereka secara langsung. Kami jadikan mereka sebagai gadis-gadis perawan. Mereka selalu penuh dengan cinta lagi sebaya umurnya. Kami ciptakan mereka khusus untuk golongan kanan yang teguh imannya dan selalu menaati aturan Allah.

Selain itu dijelaskan pula dari Tafsir Kitab Tafsir Al-Jalalain (1997) yang menjelaskan tiap ayatnya.

Ayat 35, (Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dengan langsung) maksudnya, bidadari-bidadari yang jelita lagi cantik itu Kami ciptakan tanpa melalui proses kelahiran terlebih dahulu.

Ayat 36, (Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan) yakni perawan semuanya; setiap kali suami-suami mereka menggaulinya, para suami itu menjumpai mereka dalam keadaan perawan kembali; dan tidak ada rasa sakit di kala menggaulinya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1399 seconds (10.177#12.26)