Gus Baha: Amalan Agar Selamat dari Siksa Kubur

Rabu, 21 Desember 2022 - 22:51 WIB
loading...
Gus Baha: Amalan Agar Selamat dari Siksa Kubur
Gus Baha mengungkapkan amalan agar seorang muslim selamat dari siksa kubur. Foto/Ist
A A A
Ulama ahli tafsir Al-Qur'an, KH Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha menyampaikan amalan agar selamat dari siksa (azab) kubur. Dalam satu kajiannya di kanal YouTube, Gus Baha mengungkapkan bahwa Syafa'atul Qur'an dapat menghalau supaya seseorang tidak terkena azab.

Menurut Gus Baha, terdapat satu surat yang dapat menyelamatkan manusia dari siksa kubur yaitu Surat Al-Mulk atau disebut Surat Tabarok, surah ke-67 dalam Al-Qur'an. Dikisahkan, ada seseorang yang akan disiksa oleh Malaikat, namun orang ini rajin dan hafal isi dari Surat Al-Mulk.

Sehingga ketika akan disiksa, kata Gus Baha, Surat Tabarok itu menjelma menjadi sesosok makhluk yang kemudian membisikkan kepada Malaikat: "Kalau kamu menyiksa orang ini, berarti menyiksa saya".

Kemudian Malaikat membalas bisikan itu. "Kamu adalah surat Allah, tentu aku tak berani menyiksamu". Karena hal ini juga mulai banyak orang menghafal dan mengamalkan isi Surat Al-Mulk.

Pada kesempatan lain, Gus Baha juga menjabarkan amalan-amalan yang dapat menyelamatkan umat Islam dari siksa api neraka.

"Ikhlas dalam ibadah, berbakti kepada orang tua, menjaga silaturahmi, tidak menghabiskan usia dalam kemaksiatan, tidak mengikuti hawa nafsu, bersungguh-sungguh dalam ketaatan, dan memperbanyak dzikir kepada Allah," kata ulama asal Rembang tersebut.

Itulah amalan-amalan yang apabila dikerjakan akan menghindarkan umat muslim dari siksa neraka. Meski begitu, kata Gus Baha, manusia tetaplah makhluk yang tak luput dari dosa, namun Allah menyediakan taubat sebagai sarana untuk menghapus dosa.

Gus Baha menjelaskan bahwa memperbanyak bacaan dzikir "La ilaha illalah" dapat menghapus dosa termasuk dosa zina. Apabila seseorang benar-benar tulus bertaubat dan tidak mengulangi dosa yang sama maka dosa-dosa sebelumnya akan diampuni Allah.


Simak video ceramah Gus Baha diunggah Channel YouTube Madrasah Aswaja:
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)