Spirit Santri Menggemakan Alquran di Pulau Dewata

Selasa, 30 Mei 2017 - 10:10 WIB
Spirit Santri Menggemakan Alquran di Pulau Dewata
Spirit Santri Menggemakan Alquran di Pulau Dewata
A A A
Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar menyelip di antara Pura dan permukiman umat Hindu di Jalan Pulau Nusa Penida No.54, Sanglah, Denpasar, Bali. Hanya tiga rumah yang tercatat sebagai muslim di permukiman ini, selebihnya adalah umat Hindu sebagai warga asli Pulau Dewata.

Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar dengan suara lirihnya tetap mendaras Alquran. Bahkan, mereka tak mau pakai pengeras suara agar tak mengganggu tetangga. Pengurus Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar yang biasa disapa Haji Surya, selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan siapapun, terutama para tetangga.

Meski beda keyakinan, hubungan dengan tetangga selalu baik, tenteram, dan damai. Bahkan, saat hari raya kurban, Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar tak pernah menyembelih sapi. Ini sebagai wujud menghargai dan menghormati para tetangga yang tak makan sapi.

''Kita kalau hari raya kurban atau kalau kepingin makan daging, lebih memilih menyembelih kambing agar dagingnya bisa dibagi ke tetangga,” ucap Surya.

Laku yang ditempuh Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar ini mampu menampakkan wajah Islam yang Rahmatan Lilalamin. Menunjukkan bahwa Islamis softness,not hardship. Islam adalah rahmat bagi apa saja dan siapa saja. Pun termasuk rahmat bagi yang keyakinannya berbeda dengan Islam, seperti di Pulau Dewata.

Melalui Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar, Islam tergambarkan sebagai agama yang santun dan mampu menunjukkan bahwa dalam kondisi apapun, di mana pun, Islam tetap bisa memancarkan cipratan rahmat ke siapa saja dan apa saja. Bahkan, meski dikepung pergaulan bebas di Pulau Dewata, Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar tetap fokus mendaras Alquran dan mencetak generasi Qur'ani di Pulau Bali.

Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar seolah jadioasebagi muslim di Denpasar. Menjadi tempat berkumpul, bertemu, beribadah, dan menghafalkan Alqur'an. Terlebih pada ramadan kali ini, rumah tahfizh ini menjadi salah satumeeting pointbagi muslim Denpasar untuk berkumpul dan beribadah.

Alhamdulillah, muslim Denpasar khususnya keluarga besar Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar sangat senang dengan kedatangan tim Rumah Tahfizh Center (RTC) yang membawa buah tangan berupa mushaf Alquran hafalan. Hati para santri langsung mekar ketika menerima Alquran hafalan tersebut.

InsyaAllah, dengan distribusi Alquran ini, seluruh santri Rumah Tahfizh Wahdatul Kautsar akan lebih bersemangat mendaras, menghafal, mentadaburi, dan mengamalkan Alquran. Dengan begitu, gema Qur’an akan menggema di Pulau Dewata.

Sumber: Daarul Qur'an



(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2731 seconds (0.1#10.140)