Cerita Ayu, Hafizah Tunanetra Ini Buka Rahasia Menghapal Alquran

loading...
Cerita Ayu, Hafizah Tunanetra Ini Buka Rahasia Menghapal Alquran
Cerita Ayu, Hafizah Tunanetra Ini Buka Rahasia Menghapal Alquran
Kebutaan mata tidak menyurutkan semangat Ayu Fajar Lestari (17), hafizah tunanetra, untuk mengajak kaum muslim menghafal Alquran. Cita-citanya memang bisa bermanfaat untuk orang lain, memberi motivasi dan berbagi pengalaman, menyiarkan dakwah Qur'an agar masyarakat Indonesia khususnya generasi muda punya semangat untuk terus menghafal Kalam Allah.
Dalam momen Ramadan ini, jadwal Ayu begitu padat diminta untuk mengisi kajian dalam gelaran buka puasa bersama ataupun acara tausiyah di berbagai daerah. Seperti di Masjid Manarul Amal yang merupakan tempat ibadah umat muslim di area Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat.
Didampingi Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an , Anwar Sani dalam acara Spirit of Ramadan (SOR), Ayu menceritakan pengalamannya yang sudah menghafal Alqur’an sejak umur dua tahun. Keterbatasan fisik tak menghalangi cita-citanya menjadi seorang hafizah 30 juz. Manis getir dalam proses menghafal juga disampaikan Ayu kepada jamaah.
Ayu pun berbagi pengalaman kepada jamaah tentang caranya menghafal. Menurutnya, niat yang kuat serta kesabaran adalah hal paling penting untuk memulai sesuatu. Begitulah cara Ayu untuk tetap bertahan pada tekadnya menjadi hafizah 30 juz. Ayu juga sering mengulang ayat-ayat yang dihafalnya sebanyak tiga kali untuk ayat pendek dan tujuh kali untuk ayat panjang.
Tampak pandangan kagum dari sekitar 50 jamaah saat mendengar cerita Ayu. Sejumlah umat muslim yang hadir pun bertakbir dan menyebut asma Allah saat mendengar merdunya suara Ayu melantunkan ayat-ayat suci Alqur’an.
Pun dengan beberapa jamaah yang penasaran dengan hafalan Ayu. “Ayu ini luar biasa sekali. Tak hanya hafal Alquran beserta nomor suratnya tapi juga membacanya secara mundur,” ujar Musmal usai menguji hafalan Ayu dengan Surat Lukman ayat 18.
Umat muslim yang hadir begitu takjub dengan kehebatan Ayu yang dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar. Cita-cita Ayu mendakwahkan Alquran kepada seluruh lapisan masyarakat sejalan dengan ikhtiar PPPA Daarul Qur’an yang juga ingin terus melahirkan para penghafal Qur’an baru.
Karenanya, Ayu menjadi satu kesatuan dalam setiap kegiatan yang digelar PPPA. Ayu akan terus menjelajah, berbagi pengalaman dan memberikan motivasi menghafal Qur’an untuk umat.InsyaAllah.
Sumber: www.pppa.or.id

(aww)
cover top ayah
اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ الَّذِيۡنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتۡ قُلُوۡبُهُمۡ وَاِذَا تُلِيَتۡ عَلَيۡهِمۡ اٰيٰتُهٗ زَادَتۡهُمۡ اِيۡمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمۡ يَتَوَكَّلُوۡنَ
Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal,

(QS. Al-Anfal:2)
cover bottom ayah
preload video