5 Hak Alquran Yang Wajib Ditunaikan Umat Muslim

Rabu, 07 Juni 2017 - 18:25 WIB
5 Hak Alquran Yang Wajib Ditunaikan Umat Muslim
5 Hak Alquran Yang Wajib Ditunaikan Umat Muslim
A A A
''Dzaalikal kitaabu laa raiba fiihi, huda(n) lil-muttaqiin''. Ini adalah Kitab (Alquran) tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.
Satu ayat di halaman awal Alqur’an dalam Surat AlBaqarah ayat dibacakan Ustaz Fatih Karim saat membuka Tabligh Akbar Spirit of Ramadan, Indahnya Ramadan bersama Alqur’an di Masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Minggu (4/6).
''Ramadan menjadi istimewa karena menjadi bulan diturunkannya Alquran. Malaikat Jibril menjadi mulia karena membawa Alquran dan Nabi Muhammad SAW menjadi nabi yang dimuliakan di antara nabi-nabi lainnya karena Alquran. Siapa yang mau dimuliakan Allah SWT, maka muliakanlah Alquran. Siapa yang mau dihinakan Allah SWT, maka nistakan Alqur’an. Coba saja!” tegas Ustaz Fatih mengawali ceramahnya sore itu.
Menjelang buka puasa, Ustaz Fatih menjelaskan cara umat muslim memuliakan Alquran dengan menunaikan hak-hak Alquran. Ada lima hak Alquran pada seorang muslim.
Pertama,HaqqutTilawah, yaitu hak dibaca. Alquran itu petunjuk jika dibaca dan dipahami. Kedua,HaqqutTaddabur, yaitu hak di-taddaburi. Setiap muslim harus memahami dan memikirkan setiap ayat, baik dari sebab turun dan tafsir kandungan ayat.
Ketiga,Haq ‘Amal, setelah membaca dan memahami ayat-ayat Alquran, setiap muslim harus mengamalkannya, sehingga menjadi dasar-dasar kita berperilaku (berakhlak). Keempat,HaqqulHifdzi, menghafal Alquran sesuai kadar maksimal kemampuan setiap muslim. Karena keberkahan dan kemuliaan Alquran akan selalu mengikuti setiap muslim yang menghafalkannya.
Kelima,HaqqutTabligh, agar menjadi keberkahan bersama, hendaknya Alquran diajarkan kepada sesama manusia. Inilah nasihat Nabi Muhammad SAW kepada umatnya untuk menjadi sebaik-baiknya manusia.
Sore itu, sekitar 700 jamaah menyimak setiap kata dari Ustaz Fatih. Banyak kisah dan kiasan yang disampaikan kepada jamaah untuk mengibaratkan keutamaan Alquran, termasuk pada negeri Indonesia.
''Taruh Alqur’an di depanmu, maka dia akan membimbingmu. Taruh Alquran di belakangmu, maka dia akan menjerumuskanmu dalam kehinaan. Muliakanlah Alquran, agar Indonesia lepas dari masalah-masalah seperti hari-hari ini,” ujarnya.
Satu jam menyampaikan materi jelang berbuka, Ustaz Fatih mengajak jamaah untuk tambah mengakrabkan diri dengan Alquran selama bulan Ramadan dan ikut mendukung apa pun program-program dari PPPA Daarul Qur’an.InsyaAllah, segala ikhtiar PPPA Daarul Qur’an dalam mendakwahkan Tahfizhul Qur’an adalah ikhtiar keberkahan pada negeri Indonesia tercinta.
Tabligh Akbar ditutup dengan berbuka puasa bersama jamaah. Pun dengan agenda salat Isya danTarawih yang diimami salah satu penerima Beasiswa Tahfidz Qur’an (BTQ)for LeadersPPPA Daarul Qur’an di wilayah Yogyakarta.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5097 seconds (0.1#10.140)