Pemudik di Pelabuhan Benoa diprediksi meningkat

Jum'at, 03 Agustus 2012 - 16:17 WIB
Pemudik di Pelabuhan Benoa diprediksi meningkat
Pemudik di Pelabuhan Benoa diprediksi meningkat
A A A
Sindonews.com - Lonjakan penumpang di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun lalu. Jumlah penumpang tersebut akan bertambah 15 persen dibanding tahun 2011 lalu.

General Manager PT Pelindo III Cabang Benoa Iwan Sabatini mengatakan, jumlah penumpang yang menggunakan kapal untuk merayakan lebaran atau hari Idul Fitri lewat Pelabuhan Benoa Denpasar diprediksi mencapai 5.400 orang atau naik 15 persen dibanding tahun lalu. Untuk itu pihaknya akan memberi pelayanan terbaik dalam menyambut arus mudik Lebaran 2012.

"Kami siapkan 11 kapal dengan kapasitas ruang penumpang sebanyak 14.822 penumpang untuk melayani angkutan Lebaran 2012 pada menjelang hari raya (H-15) hingga pascalebaran (H+15)," kata Sabatini kepada di Denpasar, Jumat (3/8/2012).

Dari 11 Kapal tersebut tiga unit kapal milik Pelni yaitu Kapal Motor (KM) Tilongkabila, KM Kelimutu, dan KM Awu, akan bersandar di Benoa dengan rute tetap ke dan dari Bima, Lembar, Surabaya.

Guna menjamin kelancaran selama arus mudik Lebaran, pihaknya telah berkoordinasi dengan Adpel Benoa bersama Tim Gabungan Lebaran 2012, dengan membentuk Posko Operasional Lebaran.

Fungsi Posko nantinya menjadi pusat informasi dan berbagai pelayanan seperti kesehatan bagi penumpang yang mengalami gangguan saat berada di Benoa.

Dalam posko yang berkekuatan 60 petugas akan dilengkapi fasilitas satu unit ambulans beserta tim kesehatan, untuk menangani penumpang serta kesiapan keamanan.

Lokasi Posko utama berada di Kantor Adpel Benoa dan Posko Operasional berada di Terminal Penumpang Pelabuhan Benoa yang mulai beroperasi 4 Agustus hingga 4 September.

Sedangkan untuk angkutan kebutuhan pokok (sembako) menjelang hari raya keagamaan, kata Sabatini, diperkirakan tidak ada lonjakan sebab cenderung menggunakan jalur.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3420 seconds (0.1#10.140)