Idgham: Pengertian, Jenis dan Contoh Bacaannya

Senin, 23 Januari 2023 - 04:02 WIB
Ada beberapa jenis Idgham yang dibedakan menurut hukum bacaan dan sifat-sifatnya. Secara bahasa, Idgham artinya memasukkan atau menggabungkan dua huruf. Foto/dok Channel YouTube Kelas Mengaji
Idgham merupakan dalah satu ilmu tajwid yang memadukan atau menggabungkan dua huruf. Secara umum diartikan memasukkan salah satu huruf pada huruf lainnya.

Pengertian

Pengertian idgham menurut bahasa berarti الْاِدْخَالُ (Al-idkholu) yang artinya memasukkan. Sedangkan menurut istilah, idgham diartikan sebagai pelafalan yang menggabungkan dua huruf. Kemudian memasukkan salah satu huruf pada lainnya.

Jenis Idgham

Ada beberapa jenis Idgham yang dibedakan menurut hukum bacaan dan sifat-sifatnya. Secara umum, ada tiga jenis yaitu (1) Idgham Bighunnah, (2) Idgham Bilaghunnah, dan (3) Idgham Mitslain (Idgham Mimi). Sedangkan menurut sifatnya terdiri dari tiga yaitu: (1) Idgham Mutamatsilain (2) Idgham Mutajanisain dan (3) Idgham Mutaqaribain.



1. Idgham Bighunnah

Idgham Bighunnah disebut juga Ma'al Ghunnah yang artinya memasukkan atau menggabungkan (meleburkan). Apabila (نْ) Nun mati atau (ـًـــٍـــٌ) tanwin bersama dengan huruf idgham bighunnah yang ada di depannya, maka cara membacanya dengan mendengung.

Huruf Idgham Bighunnah ada empat yaitu: ي (Ya); ن (Nun), م (Mim), dan و (Waw). Berikut contohnya:

مَنْ يَقُوْلُ


Keterangan: Nun (نْ) mati bertemu dengan Ya (ﻱ). Dibaca: "Mayyaquulu".

إِلَّا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ


Keterangan: Nun mati bertemu huruf Nun (ن). Dibaca: "Ilaa Saa'atan minnahaar".

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُم


Keterangan: Nun mati bertemu huruf Mim (م). Dibaca: "Wanfiquu Mim-maaa rozaqnaakum."

مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ


Keterangan: Nun mati bertemu huruf Waw (و). Dibaca: "Min duunihi miwwaalin."

2. Idgham Bilaghunnah

Idgham Bilaghunnah artinya memasukkan atau mentasydidkan huruf (meleburkan). Membacanya tidak boleh dengan dengung. Huruf Idgham Bilaghunnah ada dua yaitu: Lam (ل) dan Ra (ر).

Contoh bacaannya:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.

(HR. Muslim No. 3948)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More