Surat Yusuf Ayat 107: Peringatan Keras Bagi Orang yang Menyekutukan Allah

Minggu, 21 Mei 2023 - 22:25 WIB
Kaum musyrik Mekkah mendapat peringatan keras karena menyekutukan Allah dengan sesembahan seperti berhala. Foto ilustrasi/ist
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni

Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,

Yayasan Pustaka Afaf

Ayat ini merupakan peringatan Allah kepada mereka yang menyekutukan-Nya dengan sesembahan lainnya. Lewat ayat ini Allah berfirman dengan kalimat bertanya apakah mereka merasa aman dengan kedatangan azab Allah?

Sewaktu-waktu Allah dapat saja menimpakan azab kepada mereka. Berikut firman-Nya dalam lanjutan tadabur Surat Yusuf :



اَفَاَمِنُوْٓا اَنْ تَأْتِيَهُمْ غَاشِيَةٌ مِّنْ عَذَابِ اللّٰهِ اَوْ تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً وَّهُمْ لَا يَشْعُرُوْنَ


Artinya: "Apakah mereka merasa aman dari kedatangan siksa Allah yang meliputi mereka, atau kedatangan Kiamat kepada mereka secara mendadak, sedang mereka tidak menyadarinya?" (QS Yusuf Ayat 107)

Pesan dan Hikmah

1. Sebuah pertanyaan untuk mencoreng mereka. Dengan kata lain jangan merasa aman jika kalian berpaling dari Allah serta menyekutukan-Nya. Azab bisa datang sewaktu-waktu atau paling tidak kiamat pasti datang, yang demikian itu tidak disadari mereka.

2. Susahnya hidayah menyapa jika seseorang sudah tidak merasa atau tidak sadar dalam kemaksiatan dan kesyirikan yang dilakukannya. Mereka merasa dengan begitu justru telah berada di jalan kebaikan. Rasulullah SAW bersabda: "Yang paling aku khawatirkan menimpa kalian adalah syirik kecil." Para sahabat bertanya, "Apa itu syirik kecil?" Beliau menjawab: "Riya".

(bersambung)!



(Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
وَ ذَا النُّوۡنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنۡ لَّنۡ نَّـقۡدِرَ عَلَيۡهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنۡ لَّاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنۡتَ سُبۡحٰنَكَ ‌ۖ اِنِّىۡ كُنۡتُ مِنَ الظّٰلِمِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim.

(QS. Al-Anbiya Ayat 87)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More