13 Sunnah Wudu, Nomor Terakhir Pahalanya Dibukakan 8 Pintu Surga

Jum'at, 26 Mei 2023 - 17:40 WIB
Selain mengetahui 6 rukun (fardhu) wudu, umat muslim perlu mengetahui sunnah-sunnah saat berwudu. Foto ilustrasi/dok Akhbarak
Berwudu adalah syarat sahnya ibadah seperti sholat atau melakukan thawaf Haji dan umrah. Mempelajari fiqih wudhu hukumnya wajib bagi setiap muslim.

Perintah wudu dan rukunnya dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ


Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." (QS Al- Maidah ayat 6)

Selain mengetahui 6 rukun (fardhu) wudu, umat muslim perlu mengetahui sunnah-sunnah berwudu. Setidaknya ada 13 sunnah wudhu sebagaimana dijelaskan dalam Hadis-hadis Nabi.



Berikut 13 sunnah-sunnah wudu dinukil dari Kitab Safinatun Najah karya ulama besar Syaikh Salim bin Abdullah bin Saad bin Sumair Al hadhrami:

1. Memakai Siwak atau Menggosok Gigi

Salah satu sunnah wudhu yang dianjurkan dalam syariat adalah bersiwak (menggosok gigi) sebelum berwudhu. Rasulullah SAW bersabda: "Seandainya aku tidak khawatir akan memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali akan shalat." (HR Al-Bukhari Muslim)

2. Membaca Bismillah

Membaca kalimat Basmalah dimulai dari pertama mencuci kedua telapak tangan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Berwudhulah kamu dengan bismillah (dengan menyebut nama Allah)." (HR Al-Baihaqi dengan isnad jayyid)

3. Mencuci Kedua Telapak Tangan

Sayyidina Ustman dan Ali radhiallahu 'anhuma menyifatkan wudhu Rasulullah SAW bahwa beliau mencuci tangan tiga kali. (HR Al-Bukhari Muslim)

4. Berkumur-kumur Tiga Kali

Rasulullah SAW bersabda: "Jika engkau ingin berwudhu, maka berkumur-kumurlah." (HR Abu Daud)

5. Memasukkan Air ke Hidung dan Mengeluarkannya (Istinsyaq)

Dari Amr bin Abasah, Rasulullah SAW: "Tidaklah seorang di antara kalian mendekati air wudhunya, lalu dia berkumur, memasukkan air ke dalam hidung dan membuangnya, kecuali keluar dosa-dosanya dari rongga hidungnya bersama sama air." (HR Muslim)

6. Mengusap Seluruh Kepala dari Depan ke Belakang

Wudhu Rasulullah SAW disifatkan Abdullah bin Zeid: "Maka beliau mengusap kepalanya dengan kedua tanganya dari depan ke belakang dan dari belakang ke depan." (HR Al-Bukhari Muslim)

7. Mengusap Kedua Telinga Luar dan Dalam dengan Air Baru
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Dua kalimat yang ringan diucapkan tetapi berat timbangannya, dan disenangi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala Yang Maha Pengasih yaitu, Subhanallah wa Bihamdihi Subhaanallaahil Azhim (Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

(HR. Muslim No. 4860)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More