Khasiat Surah Al-Maidah, Mengamankan Harta dari Pencurian

Minggu, 28 Mei 2023 - 17:00 WIB
Ayat-ayat al-Quran menjadi penyembuh. Masing-masing punya keistimewaan. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" menyampaikan keistimewaan dan khasiat surah-surah Al-Quran dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Saat menjelaskan tentang keistimewaan surah Al-Maidah , Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa menulisnya dan meletakkannya di rumahnya atau di petinya atau lemari besinya maka hartanya aman dari pencurian.

Surah Al-Ma'idah adalah surah ke-5 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 120 ayat dan termasuk golongan surah Madaniyah. Sekalipun ada ayat-ayatnya yang turun di Makkah , tetapi ayat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, yakni sewaktu peristiwa Haji Wada'.

Surah ini dinamakan Al-Ma'idah (hidangan) karena memuat kisah para pengikut setia Nabi Isa meminta kepada beliau agar Allah menurunkan untuk mereka hidangan makanan dari langit (ayat 112).

Selain itu, Surah Al-Ma'idah juga disebut Al-Uqud (perjanjian), karena kata itu terdapat pada ayat pertama surah ini, yang memuat Allah menyuruh agar hamba-hamba-Nya memenuhi janji terhadap Allah maupun perjanjian-perjanjian yang mereka buat terhadap sesamanya.



Dinamakan juga Al-Munqidz (yang menyelamatkan), sebab pada bagian akhir surah ini memuat kesaksian Isa Al-Masih terhadap kaum pengikutnya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
cover top ayah
وَهُوَ الَّذِىۡ مَرَجَ الۡبَحۡرَيۡنِ هٰذَا عَذۡبٌ فُرَاتٌ وَّهٰذَا مِلۡحٌ‌ اُجَاجٌ ۚ وَجَعَلَ بَيۡنَهُمَا بَرۡزَخًا وَّحِجۡرًا مَّحۡجُوۡرًا
Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir berdampingan, yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.

(QS. Al-Furqan Ayat 53)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More