Masjid Abu Dzar al-Ghifari di Madinah dan Sujud Syukur Rasulullah SAW

Selasa, 30 Mei 2023 - 08:36 WIB
Masjid Abu Dzar Al-Ghifari di Madinah. Foto/Ilustrasi: islamiclandmarks
Masjid Abu Dzar al-Ghifari terletak 900 meter di utara Masjid Nabawi . Itu juga dikenal sebagai Masjid al-Sajdah. Dinamakan demikian karena Rasulullah SAW pernah sujud syukur di tempat itu ketika mendapat kabar gembira dari Jibril, bahwa Allah akan memberikan rahmat dan keselamatan kepada orang yang mengucapkan salawat dan salam kepada Rasulullah. Hal itu disebutkan dalam hadis masyhur yang diriwayatkan dari Abdurrahman bin Auf .

Masjid ini dipugar dan diperluas dengan gaya arsitektur modern pada masa Kerajaan Arab Saudi; luasnya mencapai 182,2 meter persegi. Pada pilarnya terdapat menara yang indah. Di masjid itu selalu dilaksanakan salat berjamaah lima waktu.



Al-Ala’ bin Abdurrahman meriwayatkan dari ayahnya, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda, “Seseorang yang bersalawat kepadaku sekali, Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (Sunan Ad-Darimi).

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Hadits of The Day
Dari 'Urwah bahwa Aisyah telah mengabarkan kepadanya bahwa dalam shalatnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering berdoa: ALLAHUMMA INNI 'AUUDZUBIKA MIN 'ADZAABIL QABRI WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MASIIHID DAJJAL WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MAHYA WAL MAMAATI, ALLAHUMMA INNI A'UUDZUBIKA MINAL MA'TSMI WAL MAGHRAMI (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung dari fitnah Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan lilitan hutang). Maka seseorang bertanya kepada beliau, Alangkah seringnya anda memohon perlindungan diri dari lilitan hutang. Beliau bersabda: Sesungguhnya apabila seseorang sudah sering berhutang, maka dia akan berbicara dan berbohong, dan apabila berjanji, maka dia akan mengingkari.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 746)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More