7 Tempat Bersejarah di Madinah, dari Masjid sampai Museum

Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:26 WIB
loading...
7 Tempat Bersejarah di Madinah, dari Masjid sampai Museum
Banyak tempat bersejarah di wilayah Madinah, salah satunya tempat-tempat yang sering dikunjungi saat ibadah haji atau umrah. Foto istimewa
A A A
Madinah merupakan salah satu Kota Suci bagi umat Muslim selain Mekkah yang memiliki sejumlah tempat bersejarah yang dapat dikunjungi.

Madinah yang berjuluk Kota Semburat Cahaya ini menjadi lokasi yang dipilih Nabi Muhammad SAW setelah terusir dari Mekkah. Bahkan Rasulullah SAW lebih banyak menghabiskan sisa hidupnya di kota ini ketimbang Mekkah.

Tak ayal bila Kota Madinah memiliki banyak tempat bersejarah didalamnya. Sedikitnya terdapat tujuh tempat bersejarah di Madinah yang di antaranya adalah.

1. Masjid Quba

Masjid ini merupakan tempat beribadah pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW sesampainya beliau tiba di Madinah. Masjid Quba selalu menjadi tujuan utama umat Muslim yang mengunjungi Kota Suci ini.

2. Masjid Nabawi

Setelah Masjid Quba dibangun, Rasulullah SAW lalu membangun masjid kedua yakni Masjid Nabawi. Banyak umat Muslim yang mendamba-dambakan untuk sholat di masjid bersejarah ini karena diyakini akan mendapat banyak keutamaan yang salah satunya adalah mendapat pahala yang berlipat ganda ketimbang sholat di masjid biasa.

Selain itu, makam Nabi Muhammad SAW juga terdapat di dalam area Masjid Nabawi, Madinah. Makam ini menjadi tujuan utama bagi umat muslim yang berada di tanah suci.

3. Jannat al Baqi

Tempat yang juga disebut Taman Surga ini merupakan pemakaman bagi berbagai ulama, sahabat serta keluarga Nabi Saw. Diyakini, saat itu Nabi Muhammad memiliki sendiri tempat ini untuk dijadikan sebagai makam.

Bagi umat Muslim yang hendak berkunjung ke Jannat al Baqi, tempat peristirahatan terakhir para sahabat Nabi ini dibuka setiap setelah waktu Subuh dan Ashar.

4. Jabal Uhud

Lokasinya terletak sekitar 5 kilometer sebelah barat laut Madinah. Jabal Uhud diartikan sebagai bukit yang menyendiri karena tidak bersambungan dengan bukit lain. Tempat ini merupakan lokasi pertempuran antara Rasulullah SAW dan para sahabat melawan kafir Quraisy Mekah.

Dalam bukit bersejarah ini juga terdapat Gua Uhud yang dijadikan sebagai tempat Nabi Muhammad SAW berlindung dengan para sahabat ketika Perang Uhud.

5. The Desert of Saleh

Situs bersejarah yang dapat dikunjungi ini telah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO. Daya tari tempat ini selain memiliki sisa-sisa kerajaan Nabatean adalah terdapatnya makam raksasa.

6. Sumur Ethq

Sumur yang berbentuk persegi panjang ini adalah tempat dimana Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar radhiallah huanhu beristirahat sejenak untuk meminum air ketika telah sampai di Kota Madinah.

7. Museum Al-Madinah

Terakhir ada Museum Al Madinah yang merupakan museum pertama yang didirikan di Kota Suci ini. Lokasinya terletak di King Abdul Road, Madinah Knowledge Economic City.

Dalam pembangunannya, situs ini digunakan untuk menggambarkan sejarah Islam sekaligus menyimpan berbagai koleksi arkeologi serta gambar kota yang langka. Tercatat setidaknya ada sekitar 2.000 artefak yang menggambarkan warisan Islamdimuseumini.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5284 seconds (0.1#10.140)