Sifat dan Karakteristik Ibad ar-Rahman (1): Menghambakan Diri kepada Allah

Selasa, 22 Agustus 2023 - 14:53 WIB
Di Surah Az-Zumar ayat 53 Allah memanggil mereka yang pendosa: "Wahai hamba-hamba-Ku yang telah melampaui batas atas diri mereka sendiri. Jangan berputus asa dari kasih sayang Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa. Sesungguhnya Dia Maha mengampuni lagi Maha Penyayang."

Penyebutan mereka yang berdosa di ayat ini sebagai ibaad atau hamba-hamba menunjukkan kemuliaan dan kehormatan sekaligus kecintaan Allah kepada hamba-hambaNya yang mau bertaubat. Kemuliaan bertaubat menjadikan pelaku taubat juga dipanggil dengan panggilan yang mulia (ibaad).

Demikianlah karakter atau sifat pertama dari orang-orang beriman di Surah Al-Furqan ini. Bahwa mereka adalah hamba-hamba-Nya, yang berserah diri secara totalitàs dengan penghambaan kepadaNya. Dan karena penghambaan totalitàs inilah mereka dipanggil dengan panggilan "عباد الرحمن" (hamba-hambaYang Maha Rahman).

Sungguh sebuah sifat yang sangat agung dan mulia. Sebagian ulama bahkan mengatakan jika sifat-sifat selanjutnya hanyalah penguat atau pelengkap dari sifat "ubudiyah" (penghambaan) ini. Bahwa dengan sifat ini seorang Mukmin sukses dengan misi hidup dunianya untuk menghamba kepada Allah Yang Maha Rahman.

Manhattan City, 17 Agustus 2023

(Bersambung)!

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Aisyah Ummul Mukminin, bahwa ia berkata:  Sudah biasa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa beberapa hari, hingga kami mengira bahwa beliau akan berpuasa terus. Namun beliau juga biasa berbuka (tidak puasa) beberapa hari hingga kami mengira bahwa beliau akan tidak puasa terus. Dan aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyempurnakan puasanya sebulan penuh, kecuali Ramadhan.  Dan aku juga tidak pernah melihat beliau puasa sunnah dalam sebulan yang lebih banyak daripada puasanya ketika bulan Sya'ban.

(HR. Muslim No. 1956)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More