Wajib Tahu, Ini 20 Fakta Menarik tentang Al Quran

Rabu, 23 Agustus 2023 - 09:04 WIB
Al Quran adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang berlaku sepanjang zaman. (Foto: Dok SINDOnews)
JAKARTA - Al Quran adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang berlaku sepanjang zaman. Di dalamnya terdapat pedoman hidup, hukum, ilmu pengetahuan hingga sejarah.

Percaya kepada kitab-kita Allah, termasuk Al Quran, adalah salah satu rukum Iman. Umat Islam pun diperintahkan membaca isinya, memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, Al Quran diturunkan untuk manusia agar dapat menjalani kehidupannya sesuai dengan ajaran Islam. Allah berfirman dalam surat Al Hijr ayat 9:

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan risalah [yaitu Al-Qur’an], dan sesungguhnya Kamilah yang menjadi penjaganya.”

Untuk memahami Al Quran, diperlukan berbagai bekal disiplin keilmuan di antaranya Bahasa Arab, Nahwu, Sharaf, Balaghah, Mantiq, Tafsir dan Hadits. Dari situ, pemahaman terhadap isi dan kandungan Al Quran bisa dipahami secara komprehensif.





Sebelum lebih jauh membahas berbagai disiplin keilmuan, berikut fakta-fakta tentang Al Quran dikutip dari Islamic Facts, Rabu (23/8/2023).

1.Kata Al Quran

Makna harfiah Al Quran adalah bacaan. Kata Al Quran diulang sebanyak 70 kali di dalam Kitab Allah itu sendiri.

2. Jumlah ayat dalam Al Quran

Jumlah ayat Al Quran disebutkan berbeda-beda oleh para ulama. Perbedaan ini terletak pada cara pandang ulama terhadap Basmalah pada awal surat dan lafal pembuka surat.

Selanjutnya tentang kata-kata pembuka surat yang terdiri dari susunan huruf-huruf seperti Alif Lam Miim, Yaa Siin, dan Ha Mim. Sebagian ulama menggolongkannya sebagai ayat dan sebaliknya.

Berikut jumlah ayat dalam Al Quran berdasarkan pandangan para ulama:

Abdullah Ibn-e-Abbas (R.A.): 6.616 ayat

Uqba Ibn Nafi (R.A.): 6.217 ayat

Shayba bin Uthman (R.A.): 6.214 ayat

Al-Zamahshari: 6.666 ayat

Ulama Kufah: 6.236 ayat

3. Jumlah Juz dalam Al Quran
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
مَا الۡمَسِيۡحُ ابۡنُ مَرۡيَمَ اِلَّا رَسُوۡلٌ‌ ۚ قَدۡ خَلَتۡ مِنۡ قَبۡلِهِ الرُّسُلُؕ وَاُمُّهٗ صِدِّيۡقَةٌ‌  ؕ كَانَا يَاۡكُلٰنِ الطَّعَامَ‌ؕ اُنْظُرۡ كَيۡفَ نُبَيِّنُ لَهُمُ الۡاٰيٰتِ ثُمَّ انْظُرۡ اَ نّٰى يُؤۡفَكُوۡنَ
Al-Masih putra Maryam hanyalah seorang Rasul. Sebelumnya pun sudah berlalu beberapa rasul. Dan ibunya seorang yang berpegang teguh pada kebenaran. Keduanya biasa memakan makanan. Perhatikanlah bagaimana Kami menjelaskan ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan) kepada mereka (Ahli Kitab), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka dipalingkan (oleh keinginan mereka).

(QS. Al-Maidah Ayat 75)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More