Kiamat Bisa Terjadi Hanya dengan Setetes Buah Zaqqum

Rabu, 13 September 2023 - 09:45 WIB
Jikalau setetes dari buah zaqum menetes di dunia, niscaya ia merusak kehidupan seluruh penghidupan penduduk dunia. Ilustrasi: Masyudi
Benarkah kiamat bisa terjadi hanya dengan setetes buah zaqqum ? Dalam hal ini hadis dari Ibnu Abbas ra menginformaiskan akan hal itu. Nabi Muhammad SAW bersabda:

لَوْ أنَّ قطْرةً من الزَّقُّومِ قَطَرَتْ في دار الدُّنْيَا لأفْسَدَتْ على أهلِ الدنيا مَعَايِشَهُمْ


“Jikalau setetes dari buah zaqum menetes di dunia, niscaya ia merusak kehidupan seluruh penghidupan penduduk dunia.” (HR an-Nasa'i, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Buah zaqqum adalah salah satu buah yang disiapkan oleh Allah SWT bagi penghuni neraka. Nama tumbuhan zaqqum disebutkan Al-Quran sebanyak 3 kali. Yakni di dalam surat As-Shaffat ayat 62-63 , Ad-Dukhan ayat 43 , dan Al-Waqi’ah ayat 52.





Allah SWT mendeskripsikan secara lengkap tentang buah zaqqum dalam QS As-Shafaat: 62-68). Allah SWT berfirman:

اَذٰ لِكَ خَيۡرٌ نُّزُلًا اَمۡ شَجَرَةُ الزَّقُّوۡمِ

اِنَّا جَعَلۡنٰهَا فِتۡنَةً لِّلظّٰلِمِيۡنَ

اِنَّهَا شَجَرَةٌ تَخۡرُجُ فِىۡۤ اَصۡلِ الۡجَحِيۡمِۙ

طَلۡعُهَا كَاَنَّهٗ رُءُوۡسُ الشَّيٰطِيۡنِ

فَاِنَّهُمۡ لَاٰكِلُوۡنَ مِنۡهَا فَمٰلِــُٔــوۡنَ مِنۡهَا الۡبُطُوۡنَ

ثُمَّ اِنَّ لَهُمۡ عَلَيۡهَا لَشَوۡبًا مِّنۡ حَمِيۡمٍ‌ۚ

ثُمَّ اِنَّ مَرۡجِعَهُمۡ لَا۟اِلَى الۡجَحِيۡمِ


Artinya:

Apakah (makanan surga) itu hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sungguh, Kami menjadikannya (pohon zaqqum itu) sebagai azab bagi orang-orang zalim. Sungguh, itu adalah pohon yang keluar dari dasar neraka Jahim. Mayangnya seperti kepala-kepala setan. Maka sungguh, mereka benar-benar memakan sebagian darinya (buah pohon itu), dan mereka memenuhi perutnya dengan buahnya (zaqqum). Kemudian sungguh, setelah makan (buah zaqqum) mereka mendapat minuman yang dicampur dengan air yang sangat panas. Kemudian pasti tempat kembali mereka ke neraka Jahim. (QS As-Shafaat: 62-68)



Al-Qurthubi dalam kitabnya Jami’ li Ahkam al-Qur’an menjelaskan bahwa zaqqum adalah sejenis pohon yang tumbuh di dasar neraka.

Quraish Shihab dalam Tafsir Al Misbah menuliskan, para ulama menjelaskan kata az-zaqqum diduga berasal dari kata az-zuqmah yaitu penyakit lepra. Ada juga yang berpendapat jika zaqqum diambil dari kata at-tazaqqum, yakni upaya menelan sesuatu yang sangat tidak disukai.

Para ulama menggambarkan pohon zaqqum sebagai pohon kecil dengan dedaunan yang sangat busuk aromanya. Getahnya mengakibatkan bengkak bila menyentuh badan manusia. Pohon ini ditemukan di beberapa daerah tandus dan padang pasir. Meski demikian, Quraish Shihab menjelaskan, zaqqum yang dimaksud Al-Quran bukan termasuk pohon tersebut. Pohon zaqqum yang dimaksud Al-Quran tumbuh di dasar neraka.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَاِنۡ تُطِعۡ اَكۡثَرَ مَنۡ فِى الۡاَرۡضِ يُضِلُّوۡكَ عَنۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ‌ؕ اِنۡ يَّتَّبِعُوۡنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنۡ هُمۡ اِلَّا يَخۡرُصُوۡنَ‏
Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Yang mereka ikuti hanya persangkaan belaka dan mereka hanyalah membuat kebohongan.

(QS. Al-An'am Ayat 116)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More