Zikir yang Paling Disukai Allah Taala: Subhanallah Rabbii wa Bihamdihi

Rabu, 20 September 2023 - 15:25 WIB
Ucapan yang telah dipilihkan oleh Allah SWT untuk para malaikat-Nya, ‘Subhanallah rabbii wa bihamdihi subhana rabbii wa bihamdihi Ilustrasi: Ist
Imam An Nawawi dalam kitab Al-Azkar menyebutkan bahwa terdapat salah satu zikir yang paling Allah sukai yang Ia pilihkan untuk para malaikat-Nya. Zikir tersebut termaktub dalam sebuah hadis di kitab Sunan Tirmidzi yang diriwayatkan oleh Abu Dzar ra , ia mengatakan

قلت يا رسول الله أي الكلام أحب إلى الله تعالى؟ قال: ما اصطفى الله تعالى لملائكته: سبحان ربي وبحمده سبحان ربي وبحمده


Artinya: Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, ucapan apa yang paling disukai oleh Allah?” Beliau menjawab, “Ucapan yang telah dipilihkan oleh Allah SWT untuk para malaikat-Nya, ‘Subhanallah rabbii wa bihamdihi subhana rabbii wa bihamdihi (Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya, Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya).” (HR Tirmidzi)

Imam Tirmidzi mengatakan, predikat hadis ini hasan shahih. Al-Mubarakfury dalam Tuhfatul Ahwadzi menjelaskan bahwa Allah memilihkan kalimat tasbih tersebut untuk para malaikat-Nya sebab kalimat tersebut kalimat yang sangat disukai oleh Allah sehingga Dia menyuruh malaikat untuk selalu melafalkannya setiap waktu.

Sebab ketika bertasbih, berarti kita memuji kesuciaan-Nya sekaligus mengingkari kebalikkannya. Sehingga menurut Imam Nawawi, memperbanyak membaca kalimat tasbih setiap waktu dan keadaan sangat disunahkan.



Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
cover top ayah
قَالَا رَبَّنَا ظَلَمۡنَاۤ اَنۡفُسَنَا وَاِنۡ لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَـنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَـنَكُوۡنَنَّ مِنَ الۡخٰسِرِيۡنَ
Keduanya berkata, Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.

(QS. Al-A'raf Ayat 23)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More