Tafsir Surat Al Qariah Ayat 3 : Gambaran Dahsyatnya Hari Kiamat

Senin, 06 November 2023 - 12:25 WIB
Kedahsyatan Hari Kiamat tidak bisa digambarkan oleh apapun, saking dahsyatnnya dan ngerinya keadaan kiamat seperti disebutkan dalam Surat Al Qariah terutama ayat 3. Foto ilustrasi/ist
Surat al Qariah ayat 3 berbunyi, 'Wama adraka mal qariah'. Pada ayat tersebut, lafadz wama adraka mal qariah artinya "Tahukah kamu apakah al-Qāri‘ah itu?"

Dari Tafsir Kementerian Agama (Kemeneag), ayat di atas Allah Subhanahu wa Ta'ala mengulang kembali penyebutan kata Al Qariah seperti ayat-ayat sebelumnya. Hal ini menjadi gambaran betapa dahsyatnya hari Kiamat itu, seolah-olah tak ada satupun yang mampu mencontohkan kedahsyatannya.

Surat Al Qariah Ayat 3

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ


Wa mā adrāka mal-qāri‘ah(tu).

Artinya: Tahukah kamu apakah al-Qāri‘ah itu? (QS Al-Qāri‘ah [101]:3)



Surat Al Qariah diturunkan di Kota Mekah sehingga surat ini masuk dalam golongan surat makkiyyah . Al Qariah artinya "Hari Kiamat", berjumlah 11 ayat, nomer surat ke-101, juz 30 dalam kitab suci Al Quran.

Tafsir Tahlili

Allah mengulangi kata al-qāri‘ah itu adalah untuk menggambarkan kedahsyatan hari Kiamat itu, seakan-akan tidak ada sesuatu pun yang dapat dijadikan contoh untuk al-qāri‘ah itu. Bagaimana pun mengkhayalkannya, al-qāri‘ah lebih hebat dari itu.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
cover top ayah
يَمۡحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرۡبِى الصَّدَقٰتِ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيۡمٍ
Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

(QS. Al-Baqarah Ayat 276)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More