3 Orang yang Tidak Mengalami Ketakutan saat Hari Kiamat, Siapakah Dia?

Selasa, 07 November 2023 - 18:57 WIB
Ada tiga orang yang tidak akan mengalami ketakutan saat hari kiamat kelak, mereka adalah orang-orang yang mendapat syafaat dari Al-Quran yang sering dibacanya selama di dunia. Foto ilustrasi/ist
Pada hari kiamat , semua amal dan perbuatan akan ditampakkan dan dihisab. Maka, tidak ada yang selamat kecuali mereka-mereka yang dirahmati Allah Ta'ala. Siapa sajakah mereka?

Sebuah hadis dari Ibnu Umar radhiyallahu'anha, dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Ada tiga orang yang tidak akan mengalami ketakutan pada hari yang sangat menakutkan dan mereka tidak akan dihisab, mereka berada di atas tumpukan kasturi hingga selesai hisab terhadap semua manusia: Mereka adalah:

(1) Seseorang yang membaca Al-Qur'an semata-mata mengharap ridha Allah, dan ia mengimami suatu kaum sedang mereka menyukainya;

(2) Da'i yang mengajak salat semata-mata mengharap ridha Allah Ta'ala;



(3) Orang yang menjaga hubungan baik antara ia dengan tuannya dan antara ia dengan bawahannya." (HR. Thabrani, Al-Mu'jamuts Tsalatsah).

Jika ada sesuatu yang dapat membuat kita tenang dari dahsyatnya hari Kiamat , maka hal itu lebih berharga daripada berjuta-juta kenikmatan dan kesenangan di dunia. Sungguh celaka dan meruginya orang yang mengira bahwa membaca Al-Qur'an

adalah perbuatan sia-sia dan membuang-buang waktu.

Rasulullah SAW pernah bertanya kepada malaikat Jibril, Beliau bertanya, 'Apakah jalan keluar darinya wahai Jibril?' Jawab Jibril: "Kitabullah." (dikutip dari kitab Razin-Ar Rahmatul Muhdah).

Al-Qur'an sebagai Syafaat

Pesan yang bisa dipetik dari hadis di atas bahwa Al-Qur'an merupakan sumber keselamatan dan syafaat (pembelaan) bagi para pembacanya di Hari Kiamat. Mengamalkan isi Al-Qur'an akan menjauhkan kita dari fitnah dan keberkahan dari membacanya

dapat menyelamatkan seseorang dari segala fitnah.

Sebagaimana dijelaskan dalam Hadis Nabi, bahwa rumah yang di dalamnya dibacakan Al-Qur'an , maka sakinah dan rahmat akan turun ke dalam rumah itu, dan setan-setan akan keluar dari rumah itu.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
Hadits of The Day
Dari Abu Qatadah dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: Tidak ada sikap lalai ketika tidur, akan tetapi kelalaian itu hanya ada ketika terjaga, yaitu mengakhirkan shalat hingga datang waktu shalat yang lain.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 373)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More