Cara Membaca Tajwid Surat Al-Qasas Ayat 81 Beserta Penjelasannya

Sabtu, 11 November 2023 - 17:50 WIB
Surat Al-Qasas merupakan surat ke-28 dalam mushaf Al-Quran berisikan 88 ayat. Foto/dok My Islam
Hukum tajwid Surat Al-Qasas Ayat 81 menarik untuk dipelajari. Terlebih, bagi kaum muslim yang sedang belajar tahsin dan ilmu tajwid.

Surat Al-Qasas merupakan surat ke-28 dalam mushaf Al-Qur'an berisikan 88 ayat. Masuk golongan surat Makkiyyah, surat ini dinamai dengan Al-Qasas karena pada ayat 25 terdapat kata Al-Qasas yang berarti cerita.

Kali ini, kita akan mengulas cara membaca hukum tajwid Ayat ke-81 dari Surat Al-Qasas. Langsung saja, simak penjelasannya berikut:

فَخَسَفۡنَا بِهٖ وَبِدَارِهِ الۡاَرۡضَ فَمَا كَانَ لَهٗ مِنۡ فِئَة يَّـنۡصُرُوۡنَهٗ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ وَمَا كَانَ مِنَ الۡمُنۡتَصِرِيۡنَ


Latin: Fakhasafnaa bihii wa bidaarihil ardha famaa kaana lahu min fi-atiy yanshuruu nahuu min duunillaahi wa maa kaana minal muntashiriin.



Artinya: "Maka Kami benamkan dia (Qarun) bersama rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya satu golongan pun yang akan menolongnya selain Allah, dan dia tidak termasuk orang-orang yang dapat membela diri." (QS. Al-Qasas Ayat 81)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
وَمَا عَلَّمۡنٰهُ الشِّعۡرَ وَمَا يَنۡۢبَغِىۡ لَهٗؕ اِنۡ هُوَ اِلَّا ذِكۡرٌ وَّقُرۡاٰنٌ مُّبِيۡنٌۙ (٦٩) لِّيُنۡذِرَ مَنۡ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الۡقَوۡلُ عَلَى الۡكٰفِرِيۡنَ (٧٠)
Dan Kami tidak mengajarkan syair kepadanya (Muhammad) dan bersyair itu tidaklah pantas baginya. Al-Qur'an itu tidak lain hanyalah pelajaran dan Kitab yang jelas, agar dia (Muhammad) memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup hatinya dan agar pasti ketetapan azab terhadap orang-orang kafir.

(QS. Yasin Ayat 69-70)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More