Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 134, Lengkap Penjelasan dan Cara Baca

Sabtu, 25 November 2023 - 14:31 WIB
Surat ali Imran ayat 134 mengandung beberapa hukum tajwid yang perlu diperhatikan saat membacanya, agar tidak salah makna dan sesuai dengan kaidah bacaan Al-Quran. Foto ilustrasi/ist
Surat Ali Imran ayat 134 adalah salah satu ayat yang mengandung banyak hikmah dan pelajaran bagi umat Islam. Ayat ini menjelaskan tentang sifat-sifat orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang berinfak, menahan amarah, dan memaafkan kesalahan orang lain.

Ayat ini juga mengandung beberapa hukum ilmu tajwid yang perlu diperhatikan saat membacanya, agar tidak salah makna dan sesuai dengan kaidah bacaan Al-Quran. Beberapa tajwid yang ada dalam ayat ini seperti mad asli, ikhfa dan alif lam syamsiyah.

Hukum Tajwid Al Imran Ayat 134

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ


1.
الَّذِ


Hukum tajwidnya: Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).



2.
الَّذِيْنَ


Hukum tajwidnya: Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3.
يُنْفِقُوْنَ


Hukum tajwidnya: Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf fa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.

4.
يُنْفِقُوْنَ


Hukum tajwidnya: Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5.
لسَّرَّۤاءِ


Hukum tajwidnya: Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke huruf sin ).

6.
لسَّرَّۤاءِ


Hukum tajwidnya: Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

7. َ
الضَّرَّۤاءِ


Hukum tajwidnya: Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah dhad. Dibaca idgham (masuk ke huruf dhad ).

8. َ
الضَّرَّۤاءِ


Hukum tajwidnya: Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Zaid bin Khalid Al Juhaini bahwasanya dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memimpin kami shalat Shubuh di Hudaibiyyah pada suatu malam sehabis turun hujan. Setelah selesai Beliau menghadapkan wajahnya kepada orang banyak lalu bersabda: Tahukah kalian apa yang sudah difirmankan oleh Rabb kalian? Orang-orang menjawab, Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda: Allah berfirman: Di pagi ini ada hamba-hamba Ku yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir, orang yang berkata bahwa Hujan turun kepada kita karena karunia Allah subhanahu wa ta'ala dan rahmat-Nya, maka dia adalah yang beriman kepada-Ku dan kafir kepada bintang-bintang. Adapun yang berkata bahwa Hujan turun disebabkan bintang ini atau itu, maka dia telah kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang-bintang.

(HR. Bukhari No. 801)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More