Mengenal Sejarah Makam Baqi Madinah, Pemakaman Tertua yang Dibangun Khalifah Umar bin Khattab

Selasa, 21 Mei 2024 - 10:28 WIB
Komplek pemakaman Baqi di Madinah ini, merupakan pemakaman tertua umat Islam yang dibangun di masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab. Foto istimewa
Sejarah makam Baqi Madinah penting diketahui kalangan umat Muslim, karena makam tersebut merupakan tempat pemakaman bagi beberapa sahabat Nabi Muhammad Shallahu alaihi wa sallam, keluarganya, serta ulama-ulama Islam terkenal.

Kompleks pemakaman Baqi' ini, pertama kali dibuat pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab pada abad ke-7 Masehi. Saat itu, khalifah Umar membeli tanah di Baqi' untuk dijadikan tempat pemakaman umum bagi umat Islam. Pemakaman ini kemudian berkembang dan menjadi tempat pemakaman bagi banyak sahabat Nabi serta keluarga beliau.

Menurut catatan sejarah, jauh sebelumnya makam Baqi ini sebenarnya sudah ada sejak zaman jahiliyah dan diperuntukkan bagi kaum Yatsrib, yaitu penduduk awal Kota Madinah. Namun, setelah Nabi Muhammad SAW hijrah, permakaman ini kemudian dijadikan tempat peristirahatan terakhir bagi kaum Muslimin yang wafat di Madinah.

Selama berabad-abad, Makam Baqi' menjadi salah satu tempat suci bagi umat Islam, dan banyak orang yang berkunjung ke Madinah juga mengunjungi tempat ini. Namun, pada abad ke-18 Masehi, pemimpin Wahabi dari Arab Saudi, Muhammad bin Abdul Wahhab, menghancurkan banyak bangunan bersejarah di Makkah dan Madinah, termasuk Makam Baqi'.

Sejak saat itu, Makam Baqi' telah mengalami beberapa perombakan dan rekonstruksi oleh pemerintah Saudi, tetapi banyak bangunan bersejarah yang hilang dan tidak bisa dipulihkan kembali. Meskipun demikian, kompleks pemakaman ini masih menjadi tempat yang penting bagi umat Islam, dan banyak orang dari seluruh dunia yang berkunjung ke sana untuk mengunjungi makam para sahabat Nabi Muhammad SAW dan ulama-ulama Islam terkenal.

Makam Para Ulama Besar

Makam Baqi' di Madinah menjadi tempat pemakaman bagi banyak sahabat Nabi dan ulama Islam terkenal. Beberapa di antaranya adalah:

1. Saad bin Abi Waqqas: Sahabat Nabi yang terkenal dan termasuk golongan Ashabul Badr. Dia juga termasuk 10 sahabat yang dijamin masuk surga oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Utsman bin Affan: Sahabat Nabi dan juga merupakan khalifah ketiga dalam sejarah Islam. Dia dimakamkan di samping makam dua istri Nabi, yaitu Aisyah dan Hafshah.

3. Hasan dan Husain bin Ali: Cucu Nabi Muhammad SAW dan putra dari Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra, anak perempuan Nabi. Keduanya dimakamkan di samping makam ibu mereka di Baqi'.

4. Abbas bin Abdul Muthalib: Paman Nabi dan salah satu sahabat yang pertama memeluk Islam. Dia juga merupakan pendukung setia Nabi dalam banyak perjuangannya.

5. Imam Malik bin Anas: Ulama besar dan pendiri Mazhab Maliki, salah satu dari empat Mazhab dalam Fiqh Islam. Dia juga merupakan guru dari banyak ulama terkenal, seperti Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hanbal.

6. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah: Ulama besar dan teolog Muslim yang hidup pada abad ke-13. Karya-karyanya banyak dihormati dalam dunia Islam dan banyak dijadikan rujukan dalam bidang Fiqh dan Aqidah.

7. Imam Syafi'i: Ulama besar dan pendiri Mazhab Syafi'i, salah satu dari empat Mazhab dalam Fiqh Islam. Dia juga dikenal sebagai seorang penulis dan penyair yang produktif.

Ada banyak lagi sahabat Nabi dan ulama besar yang dimakamkan di Baqi', dan kompleks pemakaman ini masih menjadi tempat yang penting bagi umat Islam hingga saat ini.



Wallahu A'lam
(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
فَقَضٰٮهُنَّ سَبۡعَ سَمٰوَاتٍ فِىۡ يَوۡمَيۡنِ وَاَوۡحٰى فِىۡ كُلِّ سَمَآءٍ اَمۡرَهَا‌ ؕ وَزَ يَّـنَّـا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ ‌ۖ وَحِفۡظًا ‌ؕ ذٰ لِكَ تَقۡدِيۡرُ الۡعَزِيۡزِ الۡعَلِيۡمِ
Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), Kami hiasi dengan bintang-bintang, dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara. Demikianlah ketentuan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.

(QS. Fussilat Ayat 12)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More