PPIH Arab Saudi Matangkan Skema Pelayanan Jemaah Haji Indonesia di Armuzna

Jum'at, 31 Mei 2024 - 18:18 WIB
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mematangkan skema pelayanan untuk jemaah haji Indonesia saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Foto/SINDOnews/andryanto wisnuwidodo
JAKARTA - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mematangkan skema pelayanan untuk jemaah haji Indonesia saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Termasuk memaksimalkan kekuatan petugas tambahan yang akan difokuskan untuk penguatan personel di Armuzna.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jemaah (Linjam) PPIH Arab Saudi Kolonel Harun Arrasyid mengatakan, kedatangan petugas tambahan pada 28 Mei 2024, melalui Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah, sebagian besar akan ditugaskan untuk melayani jemaah haji Indonesia di Armuzna.

“Personel PPIH Arab Saudi yang baru datang, saat ini sudah ditempatkan di tiap-tiap Daker, Bandara, Makkah dan Madinah,” kata Harun Arrasyid kepada Tim Media Center Haji, di Sekretariat Daker Bandara di Jeddah, Arab Saudi, Jumat (31/5/2024).



Menurutnya, 350 orang lebih personel akan ditempatkan nanti khusus di Armuzna, untuk mengisi tiap-tiap pos pada 10 pos yang dibentuk. Kemudian, katanya, personel Satgas juga akan dibagi di mobile crisis center, pada lantai dua bawah Jamarot di Mina mengisi 30 titik.

Terkait tugas Linjam, kata Harun, untuk pergeseran jemaah ke Armuzna, skemanya berikan pantauan khusus jemaah terutama dari segi transportasinya.



“Kita berikan layanan-layanan sesuai prosedur sehingga target perjalanan lancar dan nyaman dengan perlindungan yang tergabung dalam satgas,” ujarnya seraya menyebutkan pihaknya telah memberikan arahan-arahan khusus untuk bisa memberikan pelayanan terbaik.

Saat ini, sebelum Armuzna ratusan personel itu telah diatur dan dialokasikan penugasannya di tiap-tiap Sektor Daker Bandara, Madinah dan Makkah.

“Di Masjidilharam misalnya, ada sembilan titik posko pemantauan di Sektor Khusus ini, petugas melakukan pengawasan serta pemberian fasilitas kepada jemaah yang melakukan ibadah di kawasan ini,” jelas Harun.
(cip)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَةٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَيۡنَ اَخَوَيۡكُمۡ ‌ۚ‌وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ
Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.

(QS. Al-Hujurat Ayat 10)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More