Hukum Puasa Arafah Tanpa Tarwiyah

Selasa, 04 Juni 2024 - 16:23 WIB
Hukum puasa Arafah tanpa Tarwiyah adalah boleh. Ilustrasi: SINDOnews
Hukum puasa Arafah tanpa Tarwiyah adalah boleh sebab ini adalah amalan sunah . Puasa sunah di bulan Dzulhijjah lazimnya memang dilaksanakan secara penuh yakni, tanggal 1 sampai 7 puasa sunah Dzulhijjah, lanjut tanggal 8 Dzulhijjah puasa Tarwiyah dan terakhir puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Akan tetapi jika tidak menjalankan seluruh sunah puasa di bulan Dzulhijjah sebelum menjelang Hari Raya Iduladha , maka boleh mengerjakan salah satu puasa sunah di antara tanggal tersebut.

Contoh, hanya puasa Dzulhijjah di tanggal 7, 8 dan 9 Dzulhijjah. Atau hanya puasa Tarwiyah di hari ke 8 Dzulhijjah saja, lalu dilanjutkan puasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah.

Menurut Kalender Hijriah versi Kementerian Agama RI, puasa sunah Tarwiyah dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah atau Sabtu, 15 Juni 2024.

Sementara itu, umatIslam dapat melaksanakan puasa sunah Arafah pada 9 Dzulhijjah atau Minggu/Ahad, 16 Juni 2024. Di tanggal ini jemaah haji tengah melaksanakan wukuf di Arafah .



(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ  لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. Al-Baqarah Ayat 255)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More