Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 6, Turun untuk Umat Yahudi di Madinah

Kamis, 06 Juni 2024 - 06:30 WIB
Asbabun nuzul Surat Al Baqarah ayat 6 ini turun di Madinah, dan diturunkan khusus untuk menggambarkan umat Yahudi pada saat itu.. Foto ilustrasi/ist
Asbabun nuzul Surat Al Baqarah ayat 6 ini bisa jadi tambahan ilmu bagi setiap muslim terkait sejarah islam, dan bagaimana kisah sebuah ayat suci diturunkan Allah SWT untuk Rasulullah SAW.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 6 ini sendiri menjelaskan tentang kebalikan dari sikap orang mukmin terhadap Al-Qur'an, sesungguhnya orang-orang kafir yang menutupi hati dan akal pikiran mereka dari kebenaran karena enggan dan sombong, tidak akan memenuhi seruan Allah dan Rasul-Nya.

Meskipun orang kafir diberikan peringatan, berupa ancaman siksa, atau tidak mereka tidak akan beriman sebab mereka lebih memilih jalan kebatilan.

Orang kafir ialah orang yang tidak beriman kepada Allah, sebagaimana yang diperintahkan-Nya. Kafir, jamaknya kuffar, yaitu orang-orang yang tidak percaya kepada Allah, rasul-rasul-Nya, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan hari kiamat.

Penjelasan dari ayat ini saling berkaitan dengan asbabun nuzul atau sebab turunnya Surat Al Baqarah ayat 6 ini, yang juga berkaitan dengan orang-orang kafir.

Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 6

اِنَّ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا سَوَآءٌ عَلَيۡهِمۡ ءَاَنۡذَرۡتَهُمۡ اَمۡ لَمۡ تُنۡذِرۡهُمۡ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ‏


Artinya : "Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, engkau (Muhammad) beri peringatan atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman."

Sebab turunnya ayat ini diriwayatkan dari Ibnu Jarir dari jalur Ibnu Ishaq dari Muhammad bin Abi Muhammad dari Ikrimah atau Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas dalam firman Allah SWT, "Sesungguhnya orang-orang kafir" ayat ini turun pada orang Yahudi di Madinah.

Diriwayatkan dari Ar Rabi' bin Anas berkata, "Dua ayat turun perang Al Ahzab, sesungguhnya orang-orang kafir," hingga firman Allah "dan bagi mereka siksa yang amat berat."

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan jika Surat Al Baqarah ayat 6 ini turun di Madinah, dan diturunkan khusus untuk menggambarkan umat Yahudi pada saat itu.

(wid)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
هُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡزَلَ عَلَيۡكَ الۡكِتٰبَ مِنۡهُ اٰيٰتٌ مُّحۡكَمٰتٌ هُنَّ اُمُّ الۡكِتٰبِ وَاُخَرُ مُتَشٰبِهٰتٌ‌ؕ فَاَمَّا الَّذِيۡنَ فِىۡ قُلُوۡبِهِمۡ زَيۡغٌ فَيَتَّبِعُوۡنَ مَا تَشَابَهَ مِنۡهُ ابۡتِغَآءَ الۡفِتۡنَةِ وَابۡتِغَآءَ تَاۡوِيۡلِهٖۚ وَمَا يَعۡلَمُ تَاۡوِيۡلَهٗۤ اِلَّا اللّٰهُ ؔ‌ۘ وَ الرّٰسِخُوۡنَ فِى الۡعِلۡمِ يَقُوۡلُوۡنَ اٰمَنَّا بِهٖۙ كُلٌّ مِّنۡ عِنۡدِ رَبِّنَا ‌ۚ وَمَا يَذَّكَّرُ اِلَّاۤ اُولُوا الۡاَلۡبَابِ
Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad). Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok Kitab (Al-Qur'an) dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, Kami beriman kepadanya (Al-Qur'an), semuanya dari sisi Tuhan kami. Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal.

(QS. Ali 'Imran Ayat 7)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More